Social Icons

Kamis, 15 November 2012

Bos Indomie Anthoni Salim

Sektor pertanian menduduki peringkat 2, setelah sektor keuangan ( perbank-kan ) diperingkat pertama yang melahirkan orang kaya baru di Indonesia. Ekonom Derajat Wibowo mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi kelas menengah selama dekade sepuluh tahunan dari 1999 s/d tahun 2009, dari 45 juta orang pada tahun 1999 menjadi 93 juta jiwa pada tahun 2009, pertumbuhan yang semakin cepat itu disebabkan berkembangnya sektor-sektor bisnis disektor keuangan, pertanian, sektor pertambanga, teknologie imformasi dan terakhir Industri kreatif, karena dorongan reformasi kenijakan ekonomi dan politik, serta otonomi daerah ( Sumber VIvaNews tgl.14/1/2011 ).

BOS INDOFOOD




Anthoni Salim/Admin (forbes.com/Munshi Ahmed)

Forbes kembali merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia, namun diatara yang terkaya itu ada Anthoni Salim Bos Indofood Group yang salah satu product-Nya adalah Indomie, yang secara mengejutkan bertengger di posisi ke-5 dengan kekayaan bersih $ 3 Milyar dollar, dimana sebelumnya Bos Indomie ini hanya bertengger di posisi sembilan dengan kekayaan $ 1,3 Milyar dollar, loncatan yang sangat spektakuler dan signifikan di badingkan dengan pengusaha-pengusaha lainnya. Antoni Salim adalah Putra Liem Sioe Liong Pengusaha kaya yang sangat dikenal karena kedekatannya dengan penguasa orde baru. Pada tahun 1998 saat krisis ekonomi perusahaan Salim Group jatuh bangkrut.

Antoni salim didera utang dan harus menyerahkan 108 anak perusahaan Salim Group senilai 52,7 triliyun rupiah kepada Pemerintah. Masih untung Indofood tidak termasuk yang diserahkan kepada Badan Penyehatan Perbank-Kan Nasional ( BPPN ) yang saat sudah tak beroperasi lagi karena ditenggarai tidak efisien dan menghambur-hamburkan uang Negara.
Dengan Indofood-lah akhirnya secara perlahan tapi pasti Antoni Salim berhasil masuk deretan orang terkaya di Indonesia dan hanya dalam tempo satu Tahun berhasil melipatgandakan kekayaannya dari 1,3 milyar dollar menjadi 3 milyar dollar.

ANTONI SALIM

Antoni Salim ( Liem Hong Siem ) sebagaimana di ketahui adalah Putra Taipan Liem Siu Liong CEO Group Salim generasi kedua pada tahun 2005 pernah terpilih sebagai 10 Tokoh Bisnis Paling berpengaruh Tahun 2005, versi Warta Ekonomi, prestasinya Antoni dianggap sangat briliyant membangun kembali kerajaan Bisnisnya Group Salim setelah mengalami kebangkrutan pada era krisis ekonomi Tahun 1998.

Sebelum krisis ekonomi 1998 Liem Sioe Liong pernah masuk daftar Majalah Forbes sebagai salah satu orang terkaya di Dunia, dengan asset 10 milyard dollar atau sekitar 100 triliyun rupiah saat itu, termasuk di dalamnya Bank Central Asia ( BCA ) pun di rush pada saat krisis multidemensi tahun 1998. Dan saat itu Antoni Salim sudah dipercayakan untuk menggantikan Ayahnya Sudono Salim alias Liem Sioe Liong dalam mengelola Salim Group yang terancam bangkrut.

Antoni Salim lalu melunasi semua utang-utang perusahaannya dengan menyerahkan beberapa perusahaan besar PT. Indocement Tunggal Prakasa, PT.BCA ( sekarang dikuasai oleh anak perusahaan PT.Jarum dan PT.Indomobil Sukses Internasional ) dan mempertahankan beberapa perusahaan yang terkenal ialah PT.Indofood Sukses Makmur dan PT.Bogasari Flour Mills, yang menjadi Producen Mie Instan dan terigu terbesar di Dunia.

INDOMIE

Siapa yang tak kenal Indomie Mie Instant yang banyak di jual mulai dari warung kecil di samping rumah sampai ke Super Market dan pabriknya pun sudah tersebar di Asia, bahkan sudah ada pula di Afrika, karena Indomie adalah makanan yang sangat cepat saji, dan paling gampang memasaknya, rasanya pun enak serta dapat membuat kita merasakan kenyang, maka Indomie menjadi cepat populer dan digandrungi kalangan muda maupun tua.

Namun baru-baru ini Indomie mengalami masaalah dan dipermasalahkan setelah Okti Li salah seorang Kompasianer menulis di Kompasiana dengan judul ” Stop Komsumsi Mie Instant! Setelah Departemen Kesehatan Taiwan Merazia Masal Mie Instant Buatan Indonesia ” di posting pada tanggal 09 oktober 2010, jam : 21.15 via Mobile Web, yang dibaca oleh 240.750 orang,203 orang menanggapi dan 6 dari 9 kompasianer menilai bermanfaat, yang isinya tentu kita sudah kita ketahui bersama yang kemudian memicu Media massa memberitakannya di Indonesia.

Pada saat berita itu beredar hampir semua konsumen Indomie merasa kaget dan mulai meninggalkan Indomie dan beralih ke Mie Instant yang lain, namun tak lama kemudian setelah BPOM memberikan penjelasannya bahwa Mie Instant masih layak komsumsi, para komsumen-pun termasuk saya kembali berani mengkomsumsi Indomie yang waktu berita itu sedang memanas dengan terpaksa meninggalkan makanan kegemaran Saya saat sedang jam Istirahat di Kantor dan tak sempat pulang ke rumah karena sibuk, di pasangkan dengan telur rebus dan dimakan dalam kondisi hangat dapat di jadikan makanan pokok pengganti Nasi selama enam Jam.

Menurut saya Salah satu penyebab Antoni Salim cepat menjadi kaya karena Indomie, bagaimana pendapat Anda ?**

Selasa, 13 November 2012

Spektakuler Rp. 1,2 Miliar, Dana Naskah Pidato Gubernur DKI

Opini Oleh : Muhammad Nur Inno
                                        Ilustrasi Foto :sentragading.com

Woww.. Spektakuler membaca berita di Media yang merilis tentang Anggaran atau biaya Pembuatan Naskah Pidato Gubernur dan Wakil Gubernur DKi Jakarta yang jumlahnya mencapai 1,2 Milyar Rupiah dalam satu Tahun Anggaran.

Hal ini terungkap ketika Forum Indonesia untuk Transparansi ( Fitra ) merilis alokasi anggaran untuk naskah pidato Gubernur DKI dan Wakilnya sebesar 1,2 M. Biaya yang sangat Fantastis untuk harga sebuah kata-kata Pidato.

Koordinator Investigasi dan advokasi Fitra Uchok Sky Khadafy mengatakan kepada wartawan bahwa Dana sebesar ini disimpan dalam rekening Sekertariat Daerah, selain dana tersebut ada lagi Dana sebesar 200 Juta rupiah untuk keperluan Oprasional Tim Sambutan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, belum cukup sampai disitu masih ada lagi Rp.80 Juta untuk meningkatkan wawasan dan pembekalan Tim Naskah Sambutan Gubernur dan Wakilnya.

Jadi kalau di kalkulator jumlah seluruh anggaran yang dibutuhkan untuk membiayai Tim dan Naskah Pidato hampir mencapai 1,5 Milyar Rupiah, coba bayangkan betapa mahal biaya yang harus dibayar Rakyat untuk dapat mendengarkan Pidato seorang Gubernur yang mereka pilih dan gaji untuk memimpin dan mensejatrakan mereka.

Mengetahui betapa mahalnya harga sebuah Naskah Pidato Penulis jadi bertanya-tanya kata-kata dan kalimat apa gerangan yang termuat dalam Naskah Pidato tersebut sehingga biayanya sangat spektakuler dan mencengankan, apakah dengan mendengar Pidato dari Naskah itu Rakyat dapat dengan segera mendapatkan manfaat atau perubahan nasib menjadi lebih baik taraf hidupnya dari sebelumnya, atau kah Pidato tersebut dapat merobah nasib rakyat atau mengatasi satu persoalan Jakarta dari diantara banyak persoalan sebelum berpidato, kenyataannya belum terbukti.

Sependapat dengan Apa yang dikatakan FITRA dalam rilisnya bahwa ” penggunaan Dana sebesar itu untuk Naskah Pidato adalah membuang-buang uang dari pajak rakyat, menurutnya yang perlu menjadi prioritas adalah memenuhi kebutuhan Rakyat, bukannya mempertontonkan kesombongan dan kekuasaan, bukankah Naskah Pidato atau sambutan adalah bagian dari tugas seorang Gubernur sebagai pengabdian kepada Rakyatnya ” Kata Uchok.

Menelaah maksud dari FITRA penulis berkeyakinan bahwa Masyarakat Jakarta yang butuh perobahan tentu berharap Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan memimpin jakarta kedepan menghapus Mata Anggaran Naskah Pidato dari APBD Jakarta sebesar 1,2 Milyar Rupiah untuk dialihkan ke Mata Anggaran yang lebih berpihak dan bermanfaat kepada Rakyat.***

Diposting di Kompasiana pada tanggal 27 September 2012.

Tina Talisa Bantah Terima Aliran Dana Pimpinan Banggar DPR

  Opini Oleh : Muhammad Nur Inno.

                                      Tina Talisa ( foto : harianterbit.com )
Tina Talisa presenter yang sudah tidak asing lagi di kalangan pemirsa Televisi di Indonesia mendatangi Kantor Dewan Pers, MetroTV melansir berita hari ini kamis (30/8/2012 ) terkait pemeberitaan dugaan adanya aliran dana dari mantan pimpinan banggar DPR, MA. Suami Tina Talisa adalah adik dari MA..

Tina Talisa yang datang ke Gedung Dewan Pers dengan didampingi rekan satu kerjanya, Nurjaman Muchtar. Laporan lalu diterima oleh sejumlah anggota Dewan Pers. Dalam berkas laporannya Tina menyertakan bukti pemberitaan serta empat rekening tabungan miliknya
Presenter ini melaporkan empat media yang dianggap telah mencemarkan nama baiknya terkait pemberitaan mengenai dugaan transaksi mencurigakan, berdasarkan laporan hasil analisa PPATK ke KPK. Menurut Tina pemberitaan itu tidak berdasarkan fakta dan tidak ada upaya mengkonfirmasi terhadap dirinya.

1346266425372634887
4 media apakah ini ? ( foto : aktual.co )

Dikabarkan bahwa 4 media yang dimaksudkan oleh Tina adalah HK, RM, BK dan WK berharap Dewan Pers akan mendesak keempat media itu untuk meralat dan meminta maaf. Apakah keempat media tersebut perlu meminta maaf atau tidak tergantung sejauh mana validnya berita yang telah dimuat, kalau keempat media itu menganggap punya bukti dari sumber terpercaya tentulah permintaan Tina akan ditolak oleh Media yang dilaporkan.

Sebagaimana diketahui bersama melalui media beberapa saat yang lalu bahwa MA. Pimpinan banggar DPR pernah diperiksa KPK terkait kasus dugaan korupsi di badan anggaran DPR. Dalam pemberitaan yang dimuat empat media massa tersebut, Tina Talisa dituding menerima aliran dana Rp 120 juta dari kakak Iparnya MA , mana yang salah, mana yang benar, tunggu perkembangannya ?!***

RPP Tembakau Vs Pengusaha Paling Kaya Indonesia

 Opini Oleh : Muhammad Nur Inno
                                                Ilustrasi/ Admin (shutterstock.com)

Bila RPP ( Rancangan Peraturan Pemerintah ) RPP Tembakau Revisi UU 36/2009 tentang kesehatan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, disahkan menurut para petani, Pengelola yang berkerja di bidang tembakau, dampaknya akan meluas pada masyarakat kecil para pekerja di Pabrik Rokok, jutaan bahkan mungkin hingga puluhan juta orang akan kehilangan pekerjaan yang terkait dengan pengolahan tembakau.

Bukan saja masyarakat yang bekerja di bidang pengolahan tembakau tetapi juga Petani Cengkeh dan para pengusaha yang mengelola perdagangan cengkeh. Jumlah masyarakat yang bekerja sebagai buruh yang menggantungkan nasibnya dari 2 hasil pertanian ini akan kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran tak terkendali karena sulit untuk mengarahkan dan menyiapkan lapangan kerja baru bagi mereka.

Kompas.com kemarin Selasa tanggal 3 Juli 2012 merilis keterangan Wakil Menteri Kesehatan Prof. Ali Gufron Mukti, membantah RPP Tembakau berdampak petani akan kehilangan lapangan pekerjaan. Menurutnya, RPP tersebut hanya sebagai bentuk pengendalian. Hal tersebut disampaikan Oleh Wamenkes.

Gufron saat dihubungi Via telepon dikutip dari Kompas.com mengatakan bahwa “”Saya kira tidak begitu, kalau RPP inikan tentang pengendalian tembakau, bukan larangan menanam atau memproduksi, ini tujuannya kan untuk generasi muda, untuk melindungi anak-anak, atau untuk Ibu yang sedang hamil,.Beliau menjelaskan bahwa ” Menurutnya hal ini berkaitan dengan bahaya dari rokok itu sendiri. Ia mengatakan salah satu bentuk pengendaliannya adalah dengan pemuatan gambar tentang bahaya rokok, pada setiap bungkus rokok.

Katanya lagi ini hanya mengatur, mengendalikan. Bentuknya adalah pemuatan 50 persen gambar tentang bahaya rokok pada bungkus rokok,” terang Gufron.
Menyaksikan Orasi dari para pengunjuk rasa dalam aksi Demo yang memenuhi ruas-ruas jalan di Ibukota lewat Media Elektronik yang sampai saat tulisan ini diketik masih terus berlangsung yang dengan lantang menolak RPP Tembakau untuk disahkan.

Kementerian Koordinator Kesejatraan Rakyat yang disiarkan melalui MetroNews dikabarkan menyetujui pembatalan pengesahan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Tembakau. Itu disampaikan setelah utusan Kemenko Kesra berunding dengan Koalisi Nasional Penyelamatan Kretek (KNPK) di Jakarta, Rabu (4/7).

Keputusan itu menjadi kabar gembira KNPK di Jawa, Sumatra, Madura, dan Sulawesi. Sebelumnya, KNPK berunjukrasa menolak rencana pemerintah mengesahkan RPP tersebut. Mereka menilai RPP akan menyengsarakan perekonomian petani tembakau.
Perlu pula diketahui bahwa Orang terkaya di Indonesia 2012 yang duduk diperingkat Pertama Versi Majalah Forbes adalah 2 bersaudara :

R.BUDI HARTONO, Beliau ini duduk diperingkat Pertama 10 Orang paling kaya di Indonesia, kekayaannya ditaksir sekitar $ 6,5 Milyar dari 2 perusahaan besarnya JARUM DAN BCA, ssebagai peringkat pertama Orang terkaya di Indonesia beliau juga masuk di jajaran ke-146 Orang terkaya di Dunia Tahun 2012.

MICHAEL HARTONO, Beliau menjalankan Usaha yang sama dengan Kakaknya R.Budi Hartno JARUM DAN BCA, kekayaan beliau ditaksir berjumlah $ 6,3 Milyar berada diperingkat ke-2 terkaya di Indonesia dan masuk dalam peringkat ke-157 Orang terkaya dunia 2012.

Berharap RPP yang nanti disahkan bisa mengakomodir kepentingan masyarakat, kelangsungan hidup generasi muda kita dimasa akan datang dengan masyarakat yang bekerja di sektor tembakau baik itu buruh, petani dan pengusaha tembakau. Berharap ada jalan terbaik yang bisa diterima yang mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat secara kseluruhan.***

Adi Hendra Bayauw Persembahkan 2 Gol untuk Garuda Muda Menang atas Macau

                                      Hendra Adi Bayauw ( No.9 ) Foto :watnyus.com)  
Tadi malam selasa tanggal 10 Juli 2012, di Stadion Utama Pakanbaru Riau dalam pertandingan ketiga kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E, sebagaimana disaksikan bersama di layar kaca 2 Gol Garuda Muda dilesatkan oleh Adi Hendra Bayauw ke gawang Ho Man Fai dari Macau.

Kilas balik terjadinya Gol pertama Indonesia, sejak menit awal pertandingan Indonesia sudah nampak menggebrak jantung pertahanan Macau, bahkan pada menit ke-4 babak pertama Hendra Adi Bayauw dengan tendangan kerasnya nyaris menjebol gawang Macau sayang seribu kali sayang mampu di Blok oleh Penjaga Gawang Macau yang bertindak agresip.

Selanjutnya Indonesia terus berusaha membombardir pertahanan Macau lewat suplay bola dari lapangan tengah yang di galang oleh Rasyid dan kawan-kawan membuat kewalahan Timnas Macau namun hingga menit ke-22 tak ada satupun tendangan anak-anak asuhan Widodo Cahyono Putro yang mengarah kegawang Macau.

Namun kebuntuan Pemain Garuda Muda untuk menjebol gawang Macau terjawab ketika pada menit ke-23 tendangan keras Hendra Adi Bayauw yang sebelumnya memantul gawang terpelanting dan masuk kegawang Macau sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Indonesia.
Dalam kondisi menang 1-0 dukungan suporter Indonesia semakin menggelora membangkitkan adrenalin Garuda muda yang mengenakan kostum kebesarannya Merah Putih dan Putih kembali menggebrak dari sisi kanan serangan dibangun dari kaki kekaki dengan mempertahankan bola agar tetap dalam penguasaan Timnas.

Dalam pertandingan kali ini Hendra Adi Bayauw terlihat sangat dominan berperan sebagai Gol Maker pada 2 menit jelang bubaran Babak pertama yaitu pada menit ke-43 Hendra Adi Bayauw kembali menjebol gawang Macau 2-0 Untuk Indonesia dan kondisi ini dapat dipertahankan hingga pertandingan Babak Pertama usai.

Mungkin karena faktor kelelahan DI Babak I, Ketika diawal babak kedua Macau nampak lebih Agresip dalam melakukan tekanan ke jantung pertahanan Indonesia, akibatnya pada menit ke-62 babak ke-2 melalui serangan balik yang spartan akhirnya Pang Chi Hang mampu memperdayai Aji Saka dan mengubah kedudukan menjadi 1-2 masih Untuk Indonesia.

Kemasukan 1 Gol dari Macau tidaklah menyurutkan Timnas kita untuk terus melakukan upaya menambah kemenangan beberapa serangan yang dibangun dari kaki kandas akibat tebalnya lapisan pertahanan yang dibangun oleh Macau, hingga pluit panjang tanda pertandingan usai kedudukan masih tetap 2-1 Untuk kemenangan Garuda muda, dengan begitu hingga saat ini Indonesia telah mengumpulkan 6 point dalam 3 pertandingan.

Untuk lebih mengenalkan Hendra Adi Bayauw si Play Maker Timnas U-22 bernomor Jersi 9 yang mampu mencetak 2 Gol kegawang Macau ini datanya :

Hendra Bayauw lahir di Tulehu ( Maluku ) 23 Maret 1993 (age 19),
Selain bermain untuk Timnas U-22, Dia bergabung bersama Club Persija Jakarta ( IPL ) dengan Nomor Jersi 26, dengan posisi sebagai Wingnger, Wide Midwidfielder, Forward.
Hendra sebelumnya bermain untuk Timnas U-16, U-23, dan Timnas Indonesia.

di Klub Hendra Bayauw pernah bergabung bersama :
Persemalra Langgur Tahun 2010,
Jakarta FC pada Tahun 2011, ditahun yang sama Pindah ke Persija Jakarta Club-Nya yang sekarang ( sumber : wikipedia Indonesia )***

Kaget, Mamuju Penghasil Uranium Terbesar di Indonesia?!


                                     Bibir Pantai Mamuju ( foto : Pribadi )

Malam Minggu (17/03/2012 ) Saya berencana untuk menyaksikan pertandingan Sepakbola yang tayang di TV apalagi kalau bukan Laliga Spanyol, terpaksa perasaan kantuk yang menyerang sejak pukul 11.30 Wita Saya tahan dan paksakan untuk tetap (melek ) hingga subuh dinihari untuk menanti Real Madrid Klub Favorit Saya yang akan berlaga melawan Malaga di Santiago Barnebeu dini hari nanti Senin (18/3/2012 ) Jam 4.30 Wita.

Dengan bermodal secangkir Kopi dan Kue apem Saya berselancar mencari-cari tontonan segar yang dapat membantu menentramkan mata agar tak terpejam lebih dini, hiburan segar Lawak dan Nyanyi paling cocok kiranya sebagai senjata pamungkas penahan ngantuk.

Saat berselancar dari satu siaran ke siaran lainnya mata Saya menangkap Runing Tex di TV Swasta Nasional terkemuka di Indonesia, kalau tak salah ingat kalimatnya berbunyi ” Mamuju penghasil Uranium Terbesar di Indonesia “, melihat itu Saya langsung Kaget bukan alang kepalang jadi ingat Cernobyl di Rusia, lalu membuka Laptop mencari bahan penulisan tentang Uranium dan hanya satu kali klik dapet dan ini penjelasan secara singkat yang Saya kutip dari Wikipedia :
1332008642199678151
pelabuhan laut Mamuju foto : Upload from google

Uranium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92.. Ia merupakan logam putih keperakan yang termasuk dalam deret aktinida tabel periodik. Uranium memiliki 92 proton dan 92 elektron, dan berelektron valensi 6. Inti uranium mengikat sebanyak 141 sampai dengan 146 neutron, sehingganya terdapat 6 isotop uranium. Isotop yang paling umum adalah uranium-238 (146 neutron ) dan uranium-235 (143 neutron). Semua isotop uranium tidak stabil dan bersifat radioaktif lemah. Uranium memiliki bobot atom terberat kedua di antara semua unsur-unsur kimia yang dapat ditemukan secara alami. Massa jenis uranium kira-kira 70% lebih besar daripada timbal, namun tidaklah sepadat emas ataupun tungsten. Uranium dapat ditemukan secara alami dalam konsentrasi rendah (beberapa bagian per juta (ppm) dalam tanah, bebatuan, dan air. Kita sama mengetahui bahwa Uranium adalah putaran bahan Bakar Nuklir, Reaktor Nuklir dan sebagainya untuk keperluan damai.

13320088461143922765
Mamuju dilihat dari Laut foto : upload from Google

Setelah menulis sedikit tentang Uranium Saya mencoba mencari berita yang ada hubungannya dengan tulisan pada Runing Tex ” Mamuju penghasil Uranium terbesar di Indonesia ” hanya sekejab sudah ditemukan, Berita tersebut dimuat dilaman ANTARANEWS.COM Jum’at tanggal 16 Maret 2012 dengan judul yang sama yang tertera pada Runing Teks TV Swasta Nasional, singkatnya antara lain berbunyi begini : Peneliti Tambang Badan Pengawas Tenaga Nuklir ( Bapeten ) Nurdin Ashat, ST yang melakukan Penelitian terkait kandungan Uranium yang terdapat di Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Jum’at ( 16/3/2012 ) berpendapat bahwa Potensi Uranium di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat terdapat di Tiga Kecamatan antara lain Di Desa Takangdean Kec. Tapalang, sekitar 45 Km selatan dari Ibukota Mamuju, Desa Belang-Belang Kec. Kalukku, 30 Km utara Mamuju dan Kec Tobadak kurang lebih 130 Km utara Mamuju.

Sedang Deputy Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir Bapeten antara lain mengatakan sebagaimana diberitakan oleh Antara bahwa “Hasil penelitian yang telah kami lakukan menyimpulkan Mamuju adalah daerah tertinggi radioaktifnya di Indonesia. Ini menunjukan ada potensi uranium di daerah Mamuju,”.

Bila potensi Uranium yang terbesar di Indonesia dan terdapat di Mamuju dapat dieksploitasi untuk kepentingan Damai demi kesejatraan Masyarakat Indonesia pada umumnya khusunya Masyarakat Kabupaten Mamuju dan Provinsi Sulawesi barat niscaya akan membawa dampak positif terhadap kehidupan dan penghidupan Rakyat betapa bermanfaatnya bila kelak uranium itu dapat diexploitasi untuk kepentingan Reaktor Pembangkit Listrik tenaga Nuklir, dipastikan TDL ( Tarif dasar Listrik akan menjadi Murah dan Meriah,industri akan maju dengan pesat )…namun jangan lupa ada juga dampak negatif-Nya, seperti yang terjadi di Jepang saat Tzunami..Pembangkit Tenaga Nuklir Fukuoka Jepang mengalami kebocoran, tinggal bagaimana Pemerintah menyikapinya dengan bijak…?!**

Mamuju, 17/3/2012.

Bukan Hanya PNS Pajak, tapi Semua PNS Bisa Gadaikan SK Hingga Ratusan Juta Rupiah

                                      Ilustrasi/Admin (KOMPAS.com)

OPINI OLEH : MUHAMMAD NUR INNO

Setelah Gayus di Vonis, Dhana di jadikan tersangka Kasus dugaan memiliki rekening gendut, korupsi dan pencucian uang yang kini banyak menyeret nama-nama mantan pegawai Ditjen Pajak ini terus menuai perhatian public dan memenuhi pemberitaan Media. Duit berlimpah dan kekayaan seabrek-abrek membuat decak kagum meraka yang menyaksikannya.

Kalau Gayus sang Milyarder pajak sudah terbukti bersalah, Dhana yang dikabarkan memiliki Dana 60 Milyar di rekeningnya baru jadi tersangka memiliki harta berasal dari permainan kong kalikong Pajak . Saat ini Muncul lagi Nama Ajib Hamdani mantan pegawai Ditjen Pajak yang kini sedang diselidiki di Mabes Polri terkait kasus dugaan kepemilikan rekening Rp 17 miliar, dalam sebuah wawancara pernah mengemukakan soal penggunaan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS-nya sebagai agunan pinjaman uang Rp 200 juta kepada bank untuk keperluan modal usahanya.

Semua PNS pasti tahu bahwa dengan bermodalkan selembar SK PNS dengan mudah dapat mendapatkan Pinjaman dari Bank utamanua Bank milik Pemerintah daerah maupun Bank milik Pemerintah lainnya. Bukan Saja PNS yang bisa mendapatkan Dana Pinjaman dari Bank yang hingga mencapai 100 Juta atau lebih tapi juga para pensiunan PNS yang tak jarang sudah ditawari pinjaman oleh Pihak Bank tertentu sesaat setelah mereka menerima Gaji pertama sebagai Pensiunan baik untuk modal usaha menyambut hari tua atau untuk merenovasi rumah.

Kalau kemudian Ajib dan Istrinya yang juga PNS meminjam Uang dengan modal 2 lembar SK sebesar 200 Juta dan kemudian setelah sekian tahun menjadi 17 Milyar itu adalah upaya yang sungguh sangat menjanjikan, bisinis yang benar sangat menjanjikan, bisnis apa gerangan tentu hanya Petugas Penegak Hukum yang berhak menyelidikinya.

Saat sekarang ini semua PNS tak terkecuali Pegawai Pajak yang mempunyai Gaji diatas 2 Juta dapat diberikan pinjaman sebesar kurang lebih 100 Juta rupiah dengan rata-rata cicilan mencapai Rp 1,6 Juta dalam jangka waktu hingga 10 tahun, apalagi kalau dalam keluarga tersebut suami isteri adalah PNS maka tidak sulit baginya untuk mendapatkan pinjaman sampai dengan 200 Juta Rupiah.

Tentu tak gampang hidp dengan penghasilan minim sekitar 400 ribu perbulan setelah Uang pinjaman cair, namun bila Dana pinjaman digunakan untuk berbisnis dan berjalan lancer maka tidak menutup kemungkinan kehidupan Sang PNS akan semakin baik. Namun untuk berbisnis PNS biasanya memberikan kepercayaan kepada sang isteri sebagai pengelola agar tak terkena sanksi larangan berbisnis bagi PNS terutama yang memiliki jabatan.

Mumpung diberi kesempatan oleh Bank sebagian besar PNS menggunakan SK-Nya sebagai Jamainan untuk memijam Uang di Bank baik untuk modal bisnis modal menikah atau untuk keperluan mendesak lainnya sehingga kalau diminta untuk melengkapi surat-surat di kepegawaian yang menggunakan SK maka sebagian besar adalah hasil foto copy yang di foto copy kembali.

Kehidupan PNS level bawah hingga menengah yang tak duduk dikursi basah bisa senin kemis, senin terima Gaji kamis sudah ludes buat bayar utang, selanjutnya Pinjam lagi di Koperasi Pegawai dalam bentuk barang keperluan sehari-hari. Walau terjepit banyak untungnya jadi PNS setiap 2 tahun sekali naik gaji berkala yang jumlahnya mencapai 200 atau 300 ribu rupiah tergatung pangkat dan masa kerja PNS, setiap empat tahun sekali naik pangkat itu bagi PNS yang non jabatan. Dengan begitu masih ada kemungkinan amplop gaji tak sampai kosong melompong setelah dipotong Bank dan Pinjaman Koperasi kantor.
Maka Saya terheran-heran ketika menyaksikan Gayus, dan Dhana serta munculnya Nama baru Mantan PNS Ditjen Pajak Ajib Hamdani yang dituduh memiliki rekening gendut hingga 17 Milyar Rupiah, yang langsung ditepis Oleh Ajib dalam sebuah wawancara TV Swasta Nasional sore tadi Rabu ( 7/3/2012 )..
Tak perlu berkaca dan berpedoman pada Gayus, Dhana dan Ajib karena mereka adalah PNS Ditjen Pajak Kementerian Keuangan yang sudah mendapatkan perbaikan gaji oleh Pemerintah Pusat berupa remunerasi untuk seorang PNS III/a seperti Gayus menerima gaji hingga lebih dari sepuluh juta perbulan bila dibandingkan dengan PNS lainnya yang belum mendapatkan perbaikan Gaji hanya 2 juta lebih perbulan, yang justru wajib dielaah mengapak koq remunerasi tidak membuat mereka jadi jujur dan mensyukuri nikmat Tuhan.

Apa yang diungkapkan Oleh Ajib dalam Wawancara tadi sore memang patut untuk diselidiki lebih lanjut oleh Para Penegak Hukum kita karena tidak menutup kemungkinan pernyataannya itu benar adanya atau ada sesuatu yang tersembunyi dibalik semua itu.

Hidup PNS yang kebetulan tak seberuntung PNS yang duduk dikursi empuk memang Pas-Pasan bukan berarti Pas Mau uang Pas ada, tapi Pas Mau pinjam Uang SK sudah digadaikan, namun itu bukanlah penghalang untuk tetap mengabdi pada Negara, Bangsa dan Tanah tumpah darah Indonesia tercinta***

Tamasya atau Uji Nyali ke Desa Pulio Kalumpang, Mamuju, Sulbar

  Diposting pada tanggal 29 Januari 2012, ( kemungkinan saat ini sudah bagus )
                                   Jembatan Pulio Foto : Facebook

Desa Pulio Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju terletak di timur Mamuju Ibukota Provinsi Sulawesi Barat, merupakan sebuah Desa terpencil diantara pegunungan yang rindang dan sungai yang meliuk-liuk sepanjang ratusan kilometer mengalir menuju lepas Pantai Laut Sulawesi.

Perjalanan diawali Dari Mamuju Ibukota Provinsi Sulawesi Barat Untuk sampai Di Desa Pulio yang asri nan terpencil ini diperlukan waktu tempuh sekitar 7 Jam bila kondisi alam bersahabat, dengan menggunakan kendaraan roda empat menempuh jalan aspal yang licin, tanjakan dan jurang-jurang terjal, air terjun yang mempesona disela-sela hutan tropis dan kebun coklat penduduk sepanjang 124 Kilometer ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam kita akan sampai di Ibukota Kecamatan Kalumpang, Perkampungan etnik nan spektakuler dengan berbagai ragam budaya dan kerajinan khas yang tidak ditemukan ditempat lain di Indonesia, antara lain tenunan tangan khas kalumpang yang terbuat dari kulit kayu, serta temuan situs galian benda-benda bersejarah masa lampau, tenunan khas etnik Kalumpang sudah dipasarkan hingga ke mancanegara lewat Bali, walau belum dikelola dengan baik.

1327303899118159584
Berdagang ke Desa Pulio Foto : Made Kardiana

Ketika sampai di Kalumpang kita akan disambut oleh masyarakat yang mayoritas penduduknya beragama kristen penuh dengan keramah-tamahan dengan bahasa dan dialek khas Kalumpang, Gadis-gadis cantik berkulit putih bersih mirip etnis Minahasa ( Manado-Pen ) tanpa sungkan melepas senyum kepada Anda, senyum kedamaian dan persahabatan, suatu pemandangan yang membuat anda bisa betah berlama-lama disini.

Di Kalumpang walau sudah sejak dahulu telah menjadi Ibukota Kecamatan namun Kota Indah, sejuk, nyaman dan asri karena terletak didataran tinggi ini belum menyiapkan sarana akomodasi berupa Penginapan untuk para tamu yang berkunjung, jadi kalau Anda datang kesini kita harus menginap disalah satu rumah penduduk, hanya ada rumah makan itupun terbatas hanya ada satu, dua, Rumah makan yang tentu belum dapat memenuhi kebutuhan dan selera para pengunjung bila nantinya sudah dikenal dan didatangi oleh para wisatawan yang ingin melepaskan lelah dari rutinitas dan hirup-pikuk Kota yang penuh polusi dan asap knalpot.

1327304005172786208
Outbond atau uji nyali foto : Made Kardiana

Sebelum berangkat ke Pulio sebaiknya kita beristirahat sebentar untuk menikmati pemandangan alam dan mengisi perut agar tak kelaparan dijalan karena Dari Ibukota Kecamatan menuju Desa Pulio yang berjarak sekitar 30 Km hanya dapat diakses lewat sungai dengan kendaraan Katinting ( semacam kano yang dilengkapi dengan mesin tempel ) sepanjang 20 mil mengarungi sungai yang luas dengan batu-batu ditepiannya penuh ditumbuhi hutan tropis dan hutan tanaman produksi, aneka jenis dan satwa liar mengurai mimpi tentang alam yang asri dan permai, tamasya yang tak kan terlupakan setelah sekitar 3 jam berada diatas Katinting kita akan sampai dibawa jembatan yang juga tak kalah Unik sayang sungguh mendebarkan jembatan gantung diatas sungai setinggi kurang lebih 15 meter dari permukaan air Sungai Karama, dengan panjang sekitar 20 meter dan lebar 1 meter membuat nyali kita yang belum terbiasa lewat dijembatan akan ciut dan mengkerut.

1327304083742461686
Pemandangan Indah foto : Made Kardiana

Dari Ujung jembatan gantung ini untuk sampai ke Desa Pulio kita harus naik Ojek Motor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan barulah kita akan menjejakkan kaki di tapal batas Desa Pulio yang dihuni sekitar 150 Kepala Keluarga, desa yang benar-benar terpencil walau hanya sekitar 150 Km dari Ibukota Provinsi.

Melihat Desa Pulio angan kita akan terbang menerawang jauh kemasa lampau desa yang tentram, aman dan damai, kehidupan masyarakatnya yang sebagian besar bertani dan berternak, hidup dalam kelompok yang harmonis ditengah perkampungan yang masih asri jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota yang serba glamour, kehidupan politik yang tak menentu, sungguh sangat mengasikkan.
13273041481804787099
asyik Misda

Melihat dan menyaksikan kehidupan masyarakat di perkampungan yang asri ini hati kita tergerak untuk saling mengingatkan bahwa mereka yang tinggal disini tak mungkin ingin terus begini stagnan tanpa perkembangan, sebagai manusia tentu menginginkan perobahan dalam kemajuan, mereka membutuhkan akses jalan dan jembatan yang lebih baik untuk memasarkan hasil-hasil yang mereka peroleh dari ladang agar ekonomi mereka lebih baik dari hari ini , agar anak-anak mereka dapat bersekolah keluar dari Desa untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi karena di Desa ini cuma ada SD, untuk memudahkan mereka menjalani pengobatan lanjutan di Puskesmas terdekat., tak banyak neko-neko apalagi menuntut.

Kunjungan ke Desa Pulio bagi kita yang tinggal di Kota adalah sebuah perjalanan yang mengasikkan dan penuh dengan tantangan dengan obyek wisata yang memikat, sejak dari Mamuju hingga ke Pulio mata kita telah dihibur oleh Hutan tropis dengan aneka ragam jenis pohon yang menghijau, jalan yang meliuk-liuk dan pegunungan yang indah dan asri, mengarungi sungai yang deras melewati Perkampungan yang Unik khas dataran tinggi sejuk, tapi bagi mereka yang tinggal disana tentu ingin menikmati indahnya panorama kota yang dijejali gedung-gedung yang tinggi, jalan beraspal licin, seliweran mobil-mobil dan hiburan lainnya, dan yang paling dibutuhkan oleh meraka adalah sarana jalan dan jembatan yang dapat melepaskan mereka dari belenggu ketertinggalan.

Hari menjelang sore ketika kami tiba kembali di Kalumpang, terlihat disekitar embun mulai turun membasuh bumi, para petani telah kembali kerumah menyandang pacul, membawa parang, desir angin membelai rambut, pohon-pohon dan daun-daunan mengangguk disapa angin senja, berbalik ke Barat melihat matahari yang hampir tenggelam seakan menyapa jangan lupa kembali dikesempatan lain dalam suasana yang tentu jauh lebih baik dari hari ini, jalan dan jembatan serta sarana dan prasarananya jauh lebih sempurna, Mabuhay Kalumpang kata Orang Filipina, Alloha kata penduduk Hawai, Jepang, Sayonara sampai bertemu lagi***

Waswas Soal Bahaya Penggunaan Mouse bagi Kesehatan ??

                                                  Ilustrasi/Admin(Shutterstock)

Berita yang sempat membuat bulu kuduk Saya jadi merinding, bagaimana tidak dari berita Vlog Dokter Mry disalah satu Media Online hari ini Kamis tanggal 13 Oktober 2011 Saya sempat membaca kalau WHO ( Organisasi Kesehatan Dunia ) dan CNN sudah menghentikan penggunaan Mouse tentunya karena optical Mouse berbahaya bagi Kesehatan Manusia. Tapi mengapa Saya belum mengetahui hal ini, apakah hanya Saya saja yang belum tahu, entahlah ?

Keprihatinan Saya kepada diri sendiri dan para pengguna Mouse menimbulkan ketakutan yang cukup beralasan, hampir setiap hari sejak mengenal komputer benda oval warna-warni ini selalu lengket ditangan, bayangkan Saja kalau seseorang pengguna Komputer sudah mengenal dan memakai Mouse sejak ditemukan pada tahun 2005 hingga saat ini oleh Perusahaan Microsoft, sudah sejauh mana dampak Radiasi itu pada tubuhnya ?

Kata Dokter MRY akibat dari penggunaan Mouse telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat Radiasi yang dipancarkan oleh Optical Mouse yang bekerja denga memancarkan gelombang elektronagnetic frekwensi tinggi ( setara 5 kali radiasi ponsel ).

Radiasi yang dipancarkan dari optical mouse berdampak fatal pada kesehatan, yang belum jelas bagi Saya type dan buatan mana Mouse yang memancarkan Radiasi frekwensi tinggi yang membahayakan kesehatan ? Apakah semua mouse yang dipasarkan sekarang ini menyebarkan Radiasi atau ada beberapa jenis dan type yang dapat digunakan dengan aman ? karena dalam artikel yang Saya tak ada penjelasan tentang hal itu.

Kabarnya Radiasi yang ditimbulkan dari Optical Mouse ini berdampak  pada kesehatan, karena telapak tangan dan kaki merupakan ujung dari pusat syaraf pada tubuh kita. Saya semakin was-was dimana  2 tahun terakhir ini  hampir setiap hari aktif menggunakan Mouse tanpa sadar kalau benda tersebut mengandung Radiasi berbahaya.

Sejak beberapa bulan yang lalu terasa memang ada kelainan pada jari-jari,  tangan dan kaki  Saya  sering keram dan kesemutan, apa itu dampak dari penggunaan Mouse atau bukan belum diketahui karena belum memeriksakan kedokter.

Sebelum mendapatkan penjelasan dari para akhli komputer atau dokter spesialis akan kebenaran  berita/artikel yang Saya baca atau jangan-jangan berita itu hanya sekedar isapan jempol belaka,  ya…tentang penggunaan mouse dan dampak serta penanggulangannya kemungkinan para pengguna Komputer akan Was-was dan ketakutan akan dampak Radiasi dari Mouse yang berbahaya bagi kesehatan.

Bagi Pembaca yang mengetahui atau pernah membaca diharapkan saran, penjelasannya, serta alternatif untuk menggantikan mouse jika benar mouse ini berbahaya dan mengancam kesehatan  demi kemaslahatan bersama, para  pengguna Komputer yang tak mungkin berhenti memegang Mouse sepanjang hari, sepanjang tahun**

Kekayaan Angie Melompat Tajam, Jangan Sirik, Buktikan Terbalik

                             Angelina Sondakh ( foto : yottabaca.com )
 
Dari sebuah media online dikabarkan bahwa Harta Kekayaan Anggelina Sondakh melompat tajam, dasarnya data dari laporan harta kekayaan penyelenggara Negara ( LHKPN ) untuk 28 Juli 2010, Total Jenderal Harta kekayaan Angie saat itu maksudnya per-28 Juli 2010 sebesar Rp.6.115.441.388 ( data Media Indonesia 19/9/2011 ).

Kalau dibandingkan pada saat Angelina Sondakh melaporkan kekayaannya pada tanggal 23 Desembr 2003 baru berjumlah Rp.618.263.000,-, dari 2003 hingga 2010 kurang lebih 7 tahun harta kekayaan Beliau melonjak dengan selisih yang cukup tajam Rp. 5.497.198.388 , kalau dirata-ratakan pertahunnya bertambah sebesar Rp. 780.531.455,3 kalau dibulatkan rata-rata sekitar 781.000.000,- ( tujuh ratus delapan puluh satu juta ) rupiah.

Disamping barang-barang bergerak Angie memiliki Harta berupa barang tak bergerak seperti Tanah dan Bangunan, batu mulia dan surat berharga, serta barang-barang seni dan barang antik hingga mencapai Rp.6 Milyar lebih.

Dari Data yang dilansir berbagai Media  itu menyebutkan bahwa bagian terbesar dari kekayaan yang dimiliki Oleh Anggelina Sondakh Mantan Putri Indonesia 2001, Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini, terdiri dari Barang bergerak  dalam bentuk Mobil dari berbagai merek antara lain :
  • BMW X5 Tahun 2005  seharga Rp.630 Juta,

  • Honda CR-V Tahun 2008, seharga Rp. 174 Juta,

  • Toyota Kijang Innova, seharga Rp. 180 Juta,

  • Hiyundai Trajet, seharga  Rp. 209.500.000,-

  • Toyota Vios Tahun 2003, seharga Rp.168.400.000,-

  • Motor BMW Tahun 2007, seharga Rp. 150 Juta,

  • Serta sebuah alat Transportasi Tahun 2001 Merek Bombardier senilai Rp. 50 Juta.
Anggelina Sondakh sebagaimana telah diketahui bersama telah diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) sebagai saksi dalam Kasus yang menimpa Nazaruddin yang sudah jadi tersangka Kasus Suap Pembangunan Wisma Atlet Untuk Sea Games 2011, Jaka Baring Palembang.
Nama Bu Angie menjadi sorotan berbagai media setelah Nazaruddin menyebutkan bahwa Angie menerima aliran Dana sebesar Rp. 9 Milyar dana Proyek  itu untuk dibagikan kepada rekan-rekannya.

Terkait dengan pernyataan diatas  komentar Saya seperti ini :
  • Angelina Sondakh dan Suaminya  adalah Anggota DPR  yang terpilih pada Tahun 2004, 7 Tahun yang lalu yang mempunyai penghasilan Gaji bulanan serta pendapatan lain yang sah berdasarkan Undang-Undang yang besarnya dua kali lipat bila dibandingkan dengan seorang Anggota DPR- Lainnya.

  • Sebelum menjadi Anggota DPR  Almarhum Suami Anggelina Sondakh adalah seorang artis, kita semua sudah tahu penghasilan seorang Artis,  bisa lebih besar dari seorang Pejabat Negara, yang pada prinsipnya  menjadi warisan Anggelina Sondakh dan Putra-Putrinya.

  • Tak sulit untuk mengetahui besaran jumlah kekayaan Almarhum Suami Angie yang mestinya juga telah dilaporkan ke KPK  per-28 Juli 2010.
Sebagai masyarakat awam yang selalu berpikiran positif, opini Saya kekayaan Bu Angie yang meningkat tajam hampir 1000%  masih dalam batas kewajaran dengan asumsi sudah termasuk Harta Warisan dari Mantan Suami-Nya, yang dapat menimbulkan sak wasangka kalau saja  harta milik Mantan Almarhum Suami Bu Angie dilaporkan secara terpisah dengan Harta kekayaan beliau atau ada harta yang belum sempat masuk kedaftar pada saat pelaporan, yang pastinya pendapatan bersih seorang Anggota Dewan yang Terhormat ditambah fasilitas yang sebagian ditanggung oleh Negara bila di gunakan dengan baik akan berbuah baik dan akan meningkat.

Kesulitan untuk membuktikan sumber kekayaan seseorang  dikarenakan belum adanya perangkat atau sistem yang dapat mendeteksi dengan sangat jitu asal-usul kekayaan seseorang yang sedang difitnah, dituduh, disangka atau didakwa terlibat dalam sebuah kasus Korupsi, Seandainya Undang-Undang Pembuktian Terbalik  sudah ada dan berlaku maka tak sulit untuk membuktikan darimana kekayaan itu diperoleh oleh mereka yang tersandung dalam kasus  Korupsi. 

Kekayaan seseorang yang tiba-tiba menlonjak tajam bisa saja  terjadi, tergantung dari bagaimana Dia mengelola hasil pendapatan yang diterima dari pekerjaan halal yang dilakukan, besaran pendapatan yang diterima dari hasil pekerjaan dan faktor  Rezeki juga menentukan, rezeki seseorang yang melakukan pekerjaan yang sama dengan pendapatan yang sama dengan yang lain  sering berbeda tergantung bagaimana person mengelola keuangannya, kalau belum jelas duduk perseolannya tentang suatu pernyataan   sebaiknya kita jauhkan Fitnah dan dengki sebab Fitnah dan dengki  lebih kejam dari  pembunuhan**

Sikapi Wim, Firman Utina Mundur dari Timnas

                                     Firman Utina ( foto : timnasgaruda.com )
 
Timnas akan melakukan pertandingan kandang yang kedua kalinya melawan Qatar pada tanggal 11 Oktober 2011 di GBK Senayan dari pantauan Saya saat ini diberbagai media massa mengabarkan bahwa telah terjadi keretakan dalam tubuh skuad Timnas antara pelatih dan Pemain, Pemain Timnas Sepakbola Indonesia tidak hanya mengancam untuk mogok bermain melawan Qatar, kabar yang dirilis Media Indonesia hari ini Minggu 10 September 2011  menyebutkan setidaknya 7 Orang Pemain Inti Timnas menyatakan tidak ingin diturunkan ketika bertanding melawan Qatar di Putaran ke-3 Group E  Pra Piala Dunia 2014.

Ketujuh Pemain Timnas Merah Putih ini kabarnya tak bersedia turun karena dipicu oleh sikap Pelatih Wim Rijsbergen, sebagaimana diungkapkan oleh   Pelatih Timnas Benny Dolo yang mengetahui kondisi di Tim setelah mendapatkan pengaduan dari anak asuhannya Gelandang dan Kapten Timnas Firman Utina.

Sebagaimana diketahui Pelatih yang pernah bermain sebagai Back Belanda di Kejuaraan Dunia Wim sempat mengeluarkan perkataan yang kurang pantas dikeluarkan oleh seorang Pelatih yang dibayar untuk melatih Timnas agar berhasil memperbaiki reputasi persepakbolaan Indonesia dari yang sebelumnya.

Kabarnya Mengeluarkan kata-kata makian kepada Firman saat jedah ketika Indonesia melawan Bahrain dimana Indonesia Kalah 0-2 , perbuatan memaki pemain yang sedang terpuruk mentalnya, menyalahkan pemain yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya sebagai Pelatih yang mengatur strategi, menjatuhkan kesalahan kepada Orang lain adalah perbuatan yang tak terpuji.
Firman Utina Pemain asal Sulawesi Utara sebagai Pemain yang sering menjabat Kapten Timnas dia sangat luwes dan sangat dihormati oleh Teman-teman satu Timnya, pengunduran diri Firman Utina yang bakal diikuti oleh teman-temannya yang lain akan membawa dampak yang buruk pada persepakbolaan Tanah Air.

Keretakan yang terjadi antara Pelatih dan Pemain di Timnas nampaknya semakin tajam dan melebar bahkan ancaman mogok dan mundur dari Timnas ketika melawan Qatar tinggal menunggu waktu. Dan kalau saja Wim tak terpancing emosi melihat kekalahan anak buahnya ketika melawan Bahrain yang kabarnya mengeluarkan perkataan yang menyinggung perasaan,  Firman juga mengungkapkan para pemain timnas tersinggung ketika permainan mereka dinilai belum pantas diperagakan di level internaisional. Wim juga protes tentang M Ridwan yang beroperasi di sayap kiri namun tidak kidal.

Mestinya Pelatih Wim memotivasi anak-anak asuhannya yang tengah terpuruk di dua laga penting untuk bangkit kembali melawan ketertinggalan dimana saat ini Timnas sudah berada di Level paling bawah dan juru kunci di Group E, kalau beliau seorang Pelatih yang baik, kesalahan yang berbuntut kekalahan adalah kesalahan dan kekalahan Tim bukan kesalahan dan kekalahan Pemain saja.

Masih ada 4 (empat ) peratandingan lagi yang akan dijalani Timnas untuk dapat masuk ke Putaran ke-4 , Timnas wajib memenangkan 4 Pertandingan sisa di Group-E Putaran ke-3 Pra Piala Dunia untuk melaju ke Putaran ke-4, apa Iya Timnas mampu keluar dari kemelut  dengan situasi yang sedang dihadapi sekarang, tergantung bagaimana PSSI mengambil kebijakan yang Pro Pada Pemain pada anak-anak Kita sendiri yang berjuang untuk Negerinya agar dapat membawa nama harum Indonesia.
Sekedar mengingatkan kita kalau saja Firman Utina dan teman-temannya betul-betul mundur dari Timnas, apa yang mesti diharapkan dari seorang Pelatih Tanpa Pemain. Timnas dalam Pusaran dilemma, mampukah PSSI mengatasinya, kita lihat hasilnya***

Setelah KA Tercepat di Dunia China Resmi Buka Jembatan Terpanjang di Dunia

                          Qingdao Bridge ( foto :forum.detik.com by google )  

MENGAGUMKAN sungguh membuat Saya berdecak kagum bagaimana tidak  tanggal 30 juni 2011 China resmi dan telah mengklaim Negaranya sebagai pembuat kereta tercepat didunia setelah Kereta Yang diberi nama Peluru yang menghubungkan Ibukota Beijing dengan Kota Shanghai resmi dioprasikan.

Kabar dari Berita Online menyebutkan Kereta Peluru itu dilengkapi dengan kursi penumpang yang mirip dengan Kursi untuk kelas bisnis pesawat udara, dengan kecepatan kereta  bisa mencapai 350 Km/Jam dahsyat nian, dan seperti halnya di Pesawat Udara, kebijakan larangan untuk merokok diterapkan dengan tegas bagi penumpang KA ini.

Jaringan rel kereta api peluru dibangun dengan nilai infestasi yang mengejutkan USD 33 Milyar, penresmian penggunaannya dihadiri langsung oleh PM China Wen Jia Bao dan merupakan Ikon masa depan China.

Baru saja saya membaca sebuah berita dari Media Online Populer yang terpercaya ( 2/7-2011 ) Berita  yang tak kalah sensasionalnya kabarnya baru-baru ini kembali China membuka penggunaan Jembatan terpanjang yang membentang diatas laut  di teluk Jiaozhou  Provinsi Shandong Qingdao China Timur dengan panjang 41,58 Km. Pembangunan Jembatan terpanjang didunia yang dibangun diatas laut itu katanya  menelan biaya sebesar 14,8 Milyar Yuan setara 20 triliyun Rupiah.

Pemerintah China berharap Jembatan sepanjang 41,58 Km yang  bakal dilewati oleh 30 ribu kendaraan setiap harinya diyakini mampu memperpendek jarak yang semula ditempuh dalam 40 menit menjadi 20 menit. Jembatan itu dibuat mempunyai 6 jalur, lebar sekitar  33,5 meter, saat ini para pengguna masih gratis tapi kelak   Pemerintah China akan mengutip biaya tol bagi pengguna sebesar 50 Yuan setara dengan 65 ribu rupiah.

Time, memberitakan bahwa  Jembatan tersebut merupakan Jembatan terpanjang ke-6  yang pernah ada di dunia, dengan pecahan record jembatan terpanjang di dunia yang dibuat diatas laut mengalahkan Jembatan Lake Pontchartrain Causeway yang terdapat di Lousiana Amerika Serikat. Jembatan Qingdao ini menghubungkan Ujung Timur Shandong Qingdao, Yangtai dan Weihai melalui Rizhao bahkan sampai ke Provinsi tetangga di utara Provinsi Jiangsu.

The Guinness Book Of Record , mengumumkan bahwa ” jembatan itu sebagai jembatan yang tahan gempa dan angin topan. Kabarnya Jembatan yang dibangun selama 4 tahun ini  Khusus didesain untuk tetap berfungsi walau ditabrak oleh kapal yang berbobot 300 ribu ton.

China nampaknya mampu menunjukkan jati dirinya  sebagai salah satu Negara di Asia yang mampu bersaing dengan Negara Erofah bahkan mampu mempertontonkan pada Dunia betapa dahsyatnya alih teknologie yang dikembangkan oleh China melampau Negara dunia lainnya.

Produk China membanjiri pasar di Negara Kita, mampukah kita bersaing dengan Negara yang lain untuk memasarkan Produck kita agar dapat  membanjiri  pasar di Negara tetangga kita saja dulu, mampukah kita meniru China untu melakukan trobosan baru   di lima atau sepuluh Tahun mendatang ataukah kita hanya bisa mendengar, melihat, Negara-Negara lain maju sementara kita masih tetap begini disini **
Diolah Dari berbagai sumber**

Minggu, 11 November 2012

To Enjoy and Refreshing Menikmati Kontes Ayam Ketawa


Minggu pagi jelang siang tanggal 26 Juni 2011 dibawa matahari yang baru saja menampakkan sinarnya yang benderang sehabis hujan semalamam mengguyur Kota Mamuju Ibukota Provinsi Sulawesi Barat ini, dengan mengambil tempat di pusat Kota tepatnya di Jalan Abd. Wahab Asasi depan Wisama Trendy tak jauh dari Mesjid Agung Mamuju dan lapangan Merdeka  diselenggarakan Kontes Ayam Ketawa yang disponsori oleh Mega Mappasitujue mempertandingkan puluhan Ayam Ketawa yang datang dari berbagai pelosok Kota bahkan luar Daerah.

Bagi mereka yang mempunyai aktifitas yang begitu padat dan belum sempat untuk mengajak keluarga untuk berwisata keluar Kota ke Obyek Wisata  tertentu, untuk membuat fikiran dan tubuh menjadi fresh tanpa melakukan relaksasi tetapi tetap relax dan mendapat kesegaran baru ke ajang Kontes Ayam Ketawalah anda datang, yakin akan turut tertawa dan terkekeh-kekeh menirukan Ayam Ketawa yang berkontes Ria berlomba memperdengarkan suaranya ada yang terbahak, terkekeh, terkukuk dan tertawa seperti ala Nek Lampir.

Tertawa kata orang adalah merupakan Obat penghilang kegundahan dihati yang sangat mujarab apalagi saat kita tertawa sistim pernapasan kita akan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan kalau kita sedang menangis, tertawa disamping berdampak physichologis dengan perasaan senang dapat pula mengurangi rasa strees yang menghimpit.

Dilokasi Kontes Kita akan bertemu dengan teman-teman pencinta Ayam ketawa yang terdiri dari berbagai macam profesi berbaur jadi satu tampa membedakan strata sosial, bersoalisasi dan berbagi pengalaman dalam berbagai bidang tentunya soal Ayam ketawa menjadi fokus pembicaraan dan menyatukan presepsi bertukar informasi, berbagi kearah yang positif, pikiran yang positif akan menghasilkan sesuatu yang positif pula.


Menikmati bunyi Ayam ketawa yang benar-benar tertawa, tertawanyapun terdiri dari berbagai macam jenis , ada yang tertawanya begitu cepat tanpa interval, seakan terkekeh-kekeh ini disebut Ayam ketawa Gretek, ada yang jarak antara satu bunyi ketawa yang satu dengan ketawa berikutnya terputus-putus kak…wak….wak wak wak…..wak …kuk…kwak… disebut Ayam Ketawa Gaga, ada juga jenis dangdut dan macam-macam bunyi lainnya, yang pokoknya tertawa, kalau Ayam itu tertawa tak mungkinlah para penonton yang hadir tak turut tertawa.

Saya datang kelokasi kontes saat matahari sudah berada pas diubun-ubun keterlambatan ini membuat Saya urung mengikut sertakan Ayam Ketawa warna putih peliharaan Saya yang bernama : The Docktor untuk mengenang Pembalap MotoGP kesayangan Saya yang  Saya kagumi Valentino Rossi, walau saat ini dengan Ducati masih terseok-seok dan jarang naik podium namun dengan sangat pasti masih terus menguntit diposisi ke-4  klasemen sementara MotoGP 2011.

Dalam Kontes ini penilaian fokus pada seberapa sering seekor Ayam ketawa berbunyi dalam waktu yang telah ditentukan, Ayam yang tertawa paling banyak kali dalam tegang waktu tertentu diantara Ayam peserta lainnya akan memenangkan Kontes, sederhanakan.

Ayam Ketawa yang ikut dalam lomba ini kesemuanya mempunyai nama sesuai pemberian yang punya Ayam,  anehnya Ayam ketawa yang awal mulanya adalah Ayam peliharaan para Raja-Raja Bugis pada Abad ke-16 yang lalu saat ini sudah bisa dimiliki oleh semua orang yang mempunyai minat dan hobby memelihara Ayam yang biasa disebut penghobis. Konon kabarnya Ayam ini juga mendatangkan rezeki bagi pemiliknya,itu tak dapat disangkal karena bila Ayam ketawa bisa memenangkan kontes yang hampir setiap minggu diadakan di daerah-daerah asal Ayam ketawa seperti Sidrap, Pinrang dan sekitarnya akan memperoleh motor baru, kulkas, TV, Blackberry atau Mobil tergantung penyelenggara  dan sponsor yang menyelenggarakannya.

Kalau di Kota Mamuju sedniri Kontes semacam ini baru booming sekarang ini, ya..sejak bulan Juni 2011 ini hampir setiap Minggu pegelaran Kontes Ayam Ketawa rutin diselenggarakan, para pecinta Ayam ketawa berharap Pemerintah daerah dapat memfasilitasi ajang Kontes Ayam ketawa yang kelak kemudian hari akan menjadi suatu ajang promosi wisata daerah serta memberi peluang kepada peternak Ayam ketawa untuk mengembangkan Usahanya agar bisa menjadi Komoditi perdagangan ternak Hobies baik dalam lingkup Daerah, Nasional dan kelak kemudian hari ketingkat Internasional, seperti Ayam Bangkok yang berasal dari Thailand, Durian Bangkok..heheeh kok jadi ngelantur  telah menjadi terkenal dan mendapatkan pasaran di Indonesia, kenapa Ayam Ketawa yang Unik tidak bisa di perkenalkan keluar Negeri dan menjadi komoditi eksport Kita.

Tapi sebelum itu mari kita melepaskan ketegangan refressing to enjoy menikmati Kontes Ayam Ketawa dijamin pasti ikut tertawa paling banter kalau lagi sedih ikut tersenyum..lepaskan semua galau dihati rest and relax bersama Ayam Ketawa.
Kita akan jumpa lagi dibagian 2 tulisan ini  dalam wawancara dengan penggemar Ayam Ketawa, peserta Kontes yang sudah berpengalaman memelihara dan Panitia Penyelenggara dalam kesempatan yang lebih menyenangkan dari hari ini, Take and Give-lah..Terima kasih**

Mundurnya Dirut BII, Ridha Wirakusuma, Tauladan yang Baik Bagi Pejabat Kita

                                     Ridha Wirakusuma ( foto : inilah.com )

Kalau kebanyakan Pejabat di Negara Kita  enggan melepas jabatannya walau telah didesak mundur oleh masyarakat, lain halnya dengan Direktur Utama PT. Bank Internasional Indonesia Tbk, disingkat ( PT.BII ) Ridha Wirakusuma yang telah mengumumkan pengunduran dirinya dari Jabatan Direktur Utama PT.Bank Internasional Indonesia Tbk, dengan alasan yang cukup sederhana dan sangat ideal, alasan keluarga.

Tak dapat ditampik Jabatan Dirut disebuah Bank Swasta terkemuka seperti PT.BII ini tentu akan sulit didapatkan, gaji dan fasilitas sebagai Dirut tentu sangat menggiurkan bagi-bagi orang-orang yang tamak dan lebih Cinta Uang daripada keluarga sulit dipercaya akan meninggalkan jabatan yang menjanjikan itu, jangankan untuk mundur tanpa diminta, disuruh mundurpun dia akan mengelak dan berdalih macam-macam untuk mempertahankan kursi empuk bergelimang uang.

Keputusan untuk mundur didasari oleh faktor keluarga, isteri dan ketiga anak-anaknya yang masih kecil-kecil berada dan tinggal di Hongkong, jauhnya jarak antara Jakarta dan Hongkong, yang membuat Dia dan keluarganya sejak 2 tahun terakhir harus menanggung rindu untuk selalu berkumpul bersama mencurahkan kasih dan sayangnya, membuat Ridha merasa perlu untuk melepaskan dan meminta mundur dari Jabatannya itu.

Dewan Komisaris PT.BII telah menerima dan menyetujui pengunduran Ridha, walau Board Of Comisioner ( BOC BII )  dengan berat hati dan menyesali pengunduran diri itu, namun kabarnya tak kuasa berbuat banyak untuk mencegahnya, dengan pertimbangan Ridha telah banyak melakukan perbaikan dan kemajuan untuk BII.

Pengunduran diri Ridha Wirakusuma resmi berlaku pada tanggal 19 Juli 2011 yang akan datang, untuk menggantikannya di Posisi Dirut sementara  ditunjuk Raharja yang saat ini menduduki jabatan Direktur Perbankan Koorporasi BII, sampai terpilihnya Dirut yang baru melalui Rapat para pemegang Saham BII.

Yang masih mengganjal dihati penulis adalah masaalah yang tengah membelit PT.BII ya, soal raibnya Dana yang ditabung oleh seorang Anggota DPRD Papua yang disimpan di BII Cabang Papua sebesar Rp.23 Milyar. Anggota DPRD dari Fraksi Golkar atas nama Yance Kamawe bersama puluhan simpatisannya melakukan unjuk rasa didepan PT.BII Cabang Papua pertengahan April 2011 lalu menuntut BII mengembalikan Uang Tabungannya.

Dan Yance yang mengetahui Dananya sebesar 23 M telah raib pada tahun 2007, Dana yang ditabung sejak 2003 itu hanya tersisa 200 ribu pada saldo buku , Yance telah melakukan berbagai cara lewat jalur hukum yang biasa dilakukan namun kabarnya Pihak BII belum juga memenuhi tuntutan mereka, sehingga Yance pun berjanji untuk kembali melakukan Demo bersar-besaran terhadap BII sampai Dananya tuntas digantikan oleh Pihak Bank BII.

PT.BII dalam menjawab tuntutan Nasabahnya akan menempuh jalur hukum, ” sebagai lembaga keuangan yang mentaati hukum BII akan menghormati proses pengadilan yang berjalan dan akan menempuh proses hukum yang berlaku ” demikian pendapat BII yang dirilis oleh Vivanews.com (12/4/2011 ) yang lalu. Sampai saat ini penulis belum mengetahui sejauh mana proses hukum itu berlangsung, apakah Bank BII telah mengembalikan Tabungan Nasabahnya itu atau belum.

Menelaah masalah dan problema yang menimpa BII dengan nasabahnya, membuat Saya bertanya-tanya dalam hati apakah mundurnya Ridha Wirakusuma sebagai Dirut BII masih  terkait dengan raibnya Dana Nasabah di Bank BII cabang Papua sebesar 23 Milyar atau memang murni karena masaalah keluarga, terkait masalah atau tidak keputusan Ridha untuk mundur dari Jabatannya dapat dijadikan tauladan bagi pejabat lainnya untuk siap mundur bila mengalami masalah atau permasalahan yang berhubungan dengan Jabatannya, jangan tunggu di pecat**

Diposting oleh Muhammad Nur di Kompasiana pada tanggal 12 Juni 2011

Arab Saudi Mulai Bergelora

                                          Arab Saudi ( foto : Reuters / aljazeera )
DESAKAN REFORMASI DEMOKRASI  AKHIRNYA SAMPAI JUGA DI ARAB SAUDI, Meski Larangan Unjuk rasa dan peringatan keras yang dilakukan oleh pemerintah, para demonstran tetap turun ke jalan pada hari kedua aksi demo di Qatif.
Ratusan pengunjuk rasa yang turun ke jalan dengan menggunakan masker agar terhindari dari identifikasi pihak keamanan Arab Saudi. Mereka meminta agar pemerintah membebaskan para tahanan politik. Polisi sebagaimana dilaporkan oleh AP (10/3/2011) melepaskan tembakan dalam upaya menghentikan aksi unjuk rasa itu.
Seorang saksi mata yang enggan disebut namanya karena takut di timur kota Qatif kepada Assosiated Pres melaporkan bahwa tembakan dan granat kejut ke arah  ratusan  demonstran yang turun di jalan pada hari kamis kemarin (10/3/2011), setidaknya 1 orang terluka. Hal ini membuat para pengunjuk rasa berhamburan meninggalkan Lokasi unjuk rasa.
Sejauh ini demosntran masih beskala kecil dan terkonsterasi di satu tempat. Namun demikian, para aktivis pro pembaharuan telah menggalang aksi yang sama ditempat-tempat lainnya dan menyerukan aksi protes di ibukota Riyadh pada hari Jum’at ( 11/3/2011)  untuk menuntut reformasi demokrasi. Setidaknya setiap kelompok demonstran akan menyiapkan 30.000 orang pendukung untuk melakukan unjuk rasa.

Sebagaimana diketahui, unjuk rasa di Arab Saudi tidak diperekenankan karena bertentangan dengan hukum yang berlaku, serta melanggar nilai-nilai luhur masyarakat. Pasukan keamanan akan mengambil tindakan yang tegas apabila masyarakat melanggar larangan berunjuk rasa.

Hari Kamis kemarin (10/3)  organisasi Hak Asasi Manusia (Amnesti Internasioanl) menyerukan kepada Arab Saudi untuk melonggarakan larangan unjuk rasa damai  guna mencegah kekerasan di tengah rencana unjuk rasa bersar-besaran  para demonstran Jumat hari ini (11/3).

” Daripada melarang unjuk rasa damai, akan lebih baik bila pemerintah Kerajaan Arab Saudi membahas permintaan masyarakat untuk melakukan reformasi birokrasi hak utama masyarakat negeri ini ” kata Philip Luther Wakil Direktur Amnesti Internasioanl untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, sebagaimana saya kutip dari Aljazeera.

Beberapa media melaporkan bahwa sekitar 10.000 tentara Saudi telah dikerahkan untuk mencegah dan menindak para demonstran yang nekad melanggar peraturan. Hal ini akan sangat menghawatirkan akan terjadi bentrokan yang berbuah pemberontakan seperti di Lybia karena kekerasan tak pernah menyelesaikan massalah.

Perlu di ketahui bahwa Arab Saudi adalah salah satu pemasok BBM untuk Indonesia. Banyak hal yang bisa berdampak buruk terhadap dunia apabila negara kerajaan ini bergolak. Bagi kita umat yang beragama Islam, Mekah dan Madina di Arab Saudi adalah Kota Suci. Semoga Tuhan melindungi keberadaan Kabah dari mereka-mereka yang bersengketa karena masaalah dunia**

Diolah dari sumber-sumber berita di TV.

Tinggalkan Lybia, Melongok Pantai Gading Sejenak

                                     Pasukan PBB di Pantai Gading (AFP/Al_jazeera)                

Dua pekan ini kita sibuk memperbincangkan Qaddafi Pemimpin Lybia yang tengah beradu otot dan otak dengan rakyatnya yang menuntutnya mundur dari Tahta empuk yang telah dihuni selama kurang lebih 42 Tahun, tanpa rasa bosan apalagi muak, padahal hampir 2/3 dari hidupnya berada di tampuk Pemerintahan sebagai pemimpin Lybia.

Hari ini Saya datang dengan sebuah berita baru berasal dari Pantai Gading Negara yang terletak di Afrika Barat yang biasa disebut dengan Nama ( Cote d’ipoire ) Negara ini berbatasan dengan Liberia, Guenea.

PANTAI GADING

Pantai Gading ( Cote d’lpoire ) menurut wikipedia adalah Negara yang terletak di Afrika Barat, berbatasan dengan Liberia, Guenea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah Barat, utara dan timur, diseblah selatan berbatasan dengan teluk Guinea.

Pantai gading adalah salah satu Negara yang kaya di wilayah Tropis Afrika barat. Akibat oleh kisruh politik perkembangan ekonominya terkendala yang disebabkan oleh Korupsi dan penolakan terhadap reformasi.

Nama Negara ini sering diterjemahkan dalam berbagai bahasa, Inggris menyebutnya Ivory Coast, dalam bahasa Jerman Elfein Beinkuste, serta Costa de Marfiil dalam Bahasa Spanyol, apakah Indonesia yang memberi nama pantai gading saya belum menemukan jawabanya, bisa iya bisa tidak, sementara saya suatu hari akan menemukannya. Ibukota Pantai Gading adalah Abijan.

Selain itu untuk mengenal lebih dekat dengan Pantai Gading mungkin sebaik-Nya juga di ketahui bhahwa Didier Drogba, Salomon Kallou, Yaya Toure, Emanuel Ebou, Kolo Toure, Emanuel Koune, adalah pemain Nasional ( Timnas Pantai gading ), seluruh penggemar bola mestinya mengetahui dan mengenal sosok pemain ini, mereka bertaburan di berbagai Club sepakbola terkenal Di Dunia, Didier Drigba dan Salomon Kallou bermaian untuk Chelsea ( Liga Inggeris ) , yaya Toure Barcelona ( Liga spanyol ), Emmanuel Eboue Arsenal ( Inggeris ), Koulo Torre Manchester City ( Liga Inggeris ), serta lebih dari 10 orang lainnya bertebaran merumput di berbagai Club dunia lainnya, kalau disebut satu-satu akan membuat tulisan ini semakin panjang dan hanya memuat bahasan sekitar Timnas Pantai Gading Saja.

TIAP TAHUN BERGOLAK

Hampir setiap tahun terjadi rusuh dan perebutan kekuasan, pertengahan bulan desember 2010 yang baru lalu kerusuhan pun kembali meletus setelah pemilihan presiden menurut berita yang saya lansir dari Kompas.com tanggal 7/1/2011, bahwa sudah 210 orang tewas sejak komflik terjadi,jumlah itu mencakup mereka yang tewas semasa krisis antara para pendukung Laurent Gbagbo dan calon yang diakui dunia menang Alassane Quattara dalam pemilihan Presiden 28 Nopember 2010.
Gbagbo walaupun dinyatakan kalah dalam pemilihan bulan nopember 2010 yang lalu, nampaknya tak menerima kekalahan itu,dan tetap menduduki singasananya, dan akibatnya pemenang yang sudah diakui oleh dunia Quattara terpaksa berada dalam perlindungan penjaga perdamaian dunia di Hotel Golf Abijan.

KEJADIAN SAAT INI :

Hari selasa kemarin (1/2)  Para pemuda Pendukung Gbagbo, Cote,  Ivoire’s mengamuk,merusak, serta merampok  toko-toko dan usaha milik Pengusaha asing di pusat perniagaan Ibukota Abijan. Kekerasan itu terjadi setelah hari Jum’at minggu lalu, Pemimpin Pemuda Pendukung Gbagbo,  Ble Goude menyerukan kepada anggotanya untuk melakukan perlawanan apa yang mereka sebut sebagai Pemberomtak yang menggulingkan Gbagbo dan mengangkat Alassane Quattara yang dikabarakan di dukung oleh Dunia Barat. Perlu diketahui juga bahwa dalam pemilu 28 Nopember 2010 yang lalu menurut hasil pemungutan suara yang sah dan diakui oleh PBB dan masyarakat Internasioanl Alassane Quattara adalah pemenang Pemilu dan berhak untuk memimpin Pantai Gading, namun Presiden sebelumnya yang juga mencalonkan diri kembali tak mau mengakui kemenangan Alassane, pergolakan yang meamakan korban harta benda dan nyawa manusia tak dapat dielakkan dan sudah memasuki bulan ke 4 Maret 2011 ini.

SENTIMEN ANTI ASING



Apa yang terjadi Di Pantai Gading saat ini bukanlah suatu hal yang baru bagi Dunia Internasional, sentimen anti asing merupakan Inti Permasalahan yang sangat krusial dan sudah berlangsung bertahun-tahun, dan Pendukung Gbagbo  dari kalangan Muda dituduh sebagai dalang kerusahan di Negara Kecil yang kaya dan dipenuhi  dengan talenta pemain Sepakbola ini.

Sedemikian sentimennya Gbagbo dan para pendukungnya sebagai suku asli mayoritas  terhadap asing mengakibatkan Quattara pernah dilarang memasuki Pantai Gading dan dua kali dijegal untuk mengikuti Pemilihan Presiden di Negara-Nya hanya karena Ayah Quattara berasal dari Negara Burkina Faso.
Seorang Pemilik dan penjaga Toko Senegal Ismaek Bah di Pusat perbelanjaan Abijan mengatakan kepada Reuters dan saya kutip seperti ini ” Saya tidak tahu apa yang terjadi para Pemuda-Pemuda itu datang dan mulai menghancurkan Toko Saya dan menjarah semua barang-barang di dalam Toko sampai ludes hingga saya tak punya apa-apa lagi ” katanya. ” Padahal Saya tak terlibat dalam politik ”  lanjutnya.

Yang paling merisaukan pada Hari senin kemarin Pemuda pendukung Gbagbo  menculik dua orang mekanik Ukraina yang bekerja untuk misi PBB, namun tak lama kemudian di bebaskan. Disamping menculik para pendukung Gbagbo dari kalangan kaum muda ini membuat rintangan di jalan dan melakukan sweeping terhadap kendaraan yang dicurigai serta menghambat gerakan misi Perdamaian PBB.

Walau sebagian besar masyarakat Pantai Gading dan Dunia Internasional menyatakan bahwa Quattara pemenang pemilu Presiden namun kenyatannya, belum ada penyelesaian tuntas mengenai kepastian siapa sebenarnya yang paling berhak, apakah mungkin Negara ini mempunyai 2 Presiden disaat yang bersamaan, Aneh tap Nyata ?!**

Diposting Oleh Muhammad Nur di Kompasiana pada tanggal 2 Maret 2011.
Dari bahan-bahan yang dilihat dari TV.

Surat FIFA Akhiri Kemelut PSSI, Bukan Nurdin Halid Kalau Tak Melawan

                                      Presiden FIFA Seep Blatter ( foto :sportdw.blogspot.com )
Dubes Indonesia berkuasa penuh di Di Swiss dalam komfrensi Pers-Nya Lewat TV swasta Nasional siang ini Rabu (9/3/2011) menyatakan antara lain bahwa Dia telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Federasi Sepakbola Dunia ( FIFA)  Sepp Blatter yang intinya antara lain Menolak Pencalonan Nurdin Halid dan menjelaskan Bahwa Nurdin Halid tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI, berdasarkan Statuta FIFA.

Statuta  FIFA yang menganulir Nurdin Halid untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI yang dimaksudkan oleh Blatter adalah Calon Ketua Umum yang tak boleh terkait atau pernah terkait  masalah kriminal. Hal ini juga tercantum dalam statuta PSSI pasal 32 Ayat 4, sebagaimana saya kutip dari Viva News yang berbunyi “ The members of the Executive Comittee…must not have been previously found guilty of criminal offence.”(Anggota Komite Eksekutif tidak boleh pernah dinyatakan bersalah atas tindakan kriminal). yang kemudian beberapa pihak mengatakan telah di plintir  seperti pada pasal 35 ayat 4 Statuta PSSI berbunyi ” Harus sedang tidak dinyatakan bersalah atas tindakan kriminal “

Presiden FIFA ternyata meminta agar PSSI merangkul Liga Primeir Indonesia ( LPI ) yang digagas oleh Arifin Panigoro  bukannya membekukan kegiatannya, dan FIFA akan memberikan Sangsi kepada PSSI apabila tidak mematuhi_Nya, dalam hal ini tidak merangkul LPI.

Bertolak belakang dengan apa yang diungkapkan oleh anggota Komite Etik FIFA  Suryadarma Dali Tahir yang melakukan pertemuan dengan Sekjen FIFA Jerome Falcke di Zurich Swiss sebagaimana ditulis di Kompas.com (9/3) Dali  mengatakan PSSI harus menghentikan LPI yang dinilai Ilegal. Proses penghentian LPI berada ditangan Pemerintah, karena Pemerintahlah yang memberikan izin pertandingan.

Dalam Komprensi Pers-Nya Dubes RI untuk Swiss Djoko Susilo dibagian lain juga mengatakan bahwa FIFA juga tak menyetujui pencalonan Toisutta dan Arifin Panigoro untuk dicalonkan sebagai Ketua Umum PSSI Priode 2011 - 2015, pada kongres PSSI yang akan datang. Dalam Komprensi Pers itu Saya tak mendengar Nama Nirwan Bakrie disebut Oleh Pa Dubes Djoko Santoso, namun dalam berita Kompas.Com hari ini (9/2) disebutkan termasuk didalamnya Pa Nirwan Bakrie  juga tak diperbolehkan untuk dicalonkan. Pernyataan Sepp Blatter yang disampaikan Pa Dubes   senada dengan apa yang diputuskan oleh Komite Banding PSSI beberapa saat yang lalu.

Nurdin Halid dalam Jawaban-Nya lewat SMS yang disampaikan kepada Metro TV menulis dan saya kutip seperti ini  ”  Info dari Dubes pasti tidak benar karena keputusan Rapat Exco sudah diterima oleh PSSI dan tidak mungkin ada keputusan diluar Rapat Exco dan PA, Nirwan serta Pa Dali telah bertemu dengan sekjen FIFA dan Dir Assosiasi FIFA menyatakan secara tegas tidak ada keputusan tentang saya maupun 4 calon dinyatakan gugur seperti Kata Dubes dan Rita dan kalau ada pasti FIFA buat surat kepada PSSI “.

Dan menurut Saya itu adalah bentuk perlawanan dari seorang Pa Nurdin Halid, yang hampir tak punya celah untuk berkelit akibat deraan unjuk rasa dan goncangan dari banyak kalangan yang menuntut-Nya mundur. Banyak orang berkata ” Bukan Nurdin Halid Kalau Tak Melawan ” .

Kepemimpinan Nurdin Halid semakin di ujung Tanduk, tinggal menunggu surat resmi dari FIFA perihal tidak diperbolehkan-Nya Nurdin Halid mencalonkan diri atau dicalonkan menjadi Ketua Umum PSSI 2011 -2015 sebagai pembuktian Legal maka Tammatlah sudah Kepemimpinan Nurdin untuk tetap bertahta di Kursi Ketua Umum PSSI  **

Persenjatai Warga Sipil, DK PBB Bagaimana ?

                                     Qaddafi ( Foto Al-Jazeera )

Diposting Oleh : Muhammad Nur tanggal 26 Pebruari 2011 di Kompasiana.

Muammar Qaddafi  Sabtu ( 25/2/2011) berpidato di depan pendukungnya bertempat di Green Square Ibukota Tripoli dia Qaddafi  bersumpah akan menghancurkan para pengunjuk rasa setelah sehari sebelumnya (/24/2/2011) Dia juga bersumpah untuk berjihad hingga titik darah penghabisan. Dalam Pidato itu Qaddafi berkata akan mempersenjatai para pendukungya untuk melawan para pengunjuk rasa pro Demokrasi.

Dalam Pidatonya itu Pemimpin Lybia Muammar Qaddafi ( 68 Tahun ) yang telah 41 Tahun memerintah Lybia berseru ”  Kita bisa mengalahkan agresi apapun, termasuk agresi asing, Saya berada ditengah-tengah para pendukung Saya dan kami siap mengalahkan mereka ”  kata Qaddafi dalam rekaman yang telah dipersiapkan sebelumnya melalui TV Pemerintah Lybia. Sebelumnya pada Malam kamis (24/2/2/2011) Qaddafi juga berpidato melalui salran telepon yang membantah spekulasi masalah kesehatannya.
Tarikh Yousep anggota senior di Institut Brookings Washington mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa orang-orang yang ada di Green Square adalah asli pendukung Qaddafi.

” Kebanyakan Orang yang berada di Green Square adalah pendukung Qaddafi yang tidak tahu ada Pemimpin yang bisa memimpin Lybia selain Qaddafi dan mereka akan kehilangan pemimpin ketika Qaddafi jatuh, Saya heran dan terkejut menyaksikan mereka yang masih berfikir bahwa Qaddafi adalah Orang yang tepat Untuk Libya ” Kata Tarikh.

Menurut beberapa pengamat Pidato Qaddafi kali ini menunjukkan bagaimana dia dan pendukungnya akan melawan semua ancaman baik dari dalam Negeri Lybia maupun dari campur tangan Pihak Luar. Walau Putra Qaddafi mengakui bahwa daerah-daerah bagian Timur Libya tidak lagi berada di bawah kendali Pemerintah.

Pidato Qaddafi hari Jumat kemarin disiarkan saat ribuan Demonstran turun kejalan-jalan di Ibukota Tripoli dan daerah-daerah lainnya di Lybia yang menyerukan agar Qaddafi turun dari kekuasaannya.
Sebelum Demonstran memulai aksinya mereka berkumpul dan berdoa tentunya untuk keselamatan dan keberhasilan Misi mereka menurunkan Rezim Qaddafi yang telah berkuasa 4 dasawarsa. Namun seruan itu langsung di jawab dengan raungan senjata api oleh pengawal setia Qaddafi.
Seorang penduduk bagian timur Ibukota Tripoli mengatakan bahwa ” Pasukan keamanan menembaki para demonstran secara membabi buta tanpa pandang bulu “.

Dan kalau ini dibiarkan maka akan terjadi pemusnahan secara massal terhadap Masyarakat Lybia yang anti Pemerintah hanya karena memperjuangkan Demokrasi, hak hidup manusia untuk menyalurkan pendapat dikekang dengan membungkam dengan senjata api.

Menyaksikan berita-berita pergolakan di Lybia lewat media bila dibandingkan dengan Revolusi Mesir, Lybia jauh lebih dahsyat Mubarak lebih lunak dibandingkan Qaddafi yang bertekad bertahan hingga akhir hayat di Negaranya, dengan demikian maka segala daya upaya akan dia lakukan untuk tetap bertahan hidup atau mati dengan gagah berani.

Tidak menutup kemungkinan Qaddafi menyimpan senjata kimia yang bisa dimanfaatkan bila kondisi sudah sangat mendesak sebagaimana di katakan dalam pidati televisi kemarin Qaddafi akan mempersenjatai Orang-Orang sipil yang mendukungya, hal inipun sangat berbahaya karena akan terjadi perang secara prontal dimana masyrakat sipil akan saling berhadapan dan perang saudarapun tak dapat diellakkan yang berakhir dengan hilangnya ribuan nyawa masyarakat sipil di Lybia.

Saat ini jumlah korban kerusuhan di Lybia belum dapat di sebutkan secara pasti, namun pada hari Kamis (24/2) Francois Zimeray, Organisasi Resmi Hak Asasi Manusia dari Perancis sebanyak 2000 orang telah tewas dalam kerusuhan di Lybia.

Seandainya ada badan dunia atau lembaga Internasional atau perorangan yang merasa sangat respek terhadap kemanusiaan dan Hak Azasi manusia yang bisa melakukan komunikasi dan pendekatan kepada Pemerintah Lybia dalam hal ini Muammar Qaddafi, dan Para Pimpinan Masyarakat Lybia Pro Demokrasi untuk duduk dalam meja perundingan, setidaknya dapat meminimalisir keadaan di Lybia.
Ataukah DK PBB mengelaurkan resolusi atas dasar mencegah pemusnahan etnis di Lybia, mungkinkan itu ?**

Wapres Boediono di Sulbar, 1716 Personil Pengamanan Disiagakan

                                     Foto : Admin Kompasiana

Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI Boediono ke Provinsi termuda di Indonesia Sulawesi Barat yang akan berlangsung dari tanggal 18 Pebruari sampai dengan 19 Pebruari 2011. Kehadiran Bapak Budiono di Sulawesi Barat adalah yang pertama kalinya sejak dilantik menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia.

1297945082280030367
Siang tadi Kamis (17/2)  di lapangan Merdeka Mamuju, digelar apel siaga gelar Pasukan Pengamanan yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem Taro Ada Taro Gau Kolonel Inf. Ludwik Pusung di Lapangan Meredeka Mamuju yang turut di hadiri oleh Sekertaris  daerah Provinsi Sulawesi barat Pa Arsyad Hafied, Dandim 1418 Mamuju, Kapolres Mamuju, dengan peserta gelar pasukan terdiri dari Bataliyon Raiders , Bataliyon 721, Kodim 1418, Unsur dari Brimob Polri, Sabhara, Polantas,  dan Unsur angkatan lainnya sebanyak 1716 Personil.

Dalam kata sambutannya Danrem Taroada Taro Gau Kolonel Ludwik Pusung antara lain mengatakan bahwa ” Kepada semua unsur  pengamanan agar selalu cermat dan teliti dalam memperhatikan kondisi setiap saat dan melakukan kerja sama yang baik dengan semua pihak karena pengamanan ini adalah pengamanan VIP”. demikian yang kami sarikan dari hasil liputan langsung dari lapangan meredeka Mamuju.

Selesai Upacara gelar pasukan pengamanan Inspektur Upacara Danrem Taroada tarogau  melakukan peninjauan dan memeriksa  kesiagaan pasukan dan  kendaraan pengamanan yang kemudian di lanjutkan dengan pawai.

Dalam bagian lain keterangannya Danrem juga mengatakan bahwa ” Pengamanan ini  juga bukanlah tanggung jawab aparat melulu tapi melibatkan semua unsur termasuk masyarakat “.
Perlu diketahui bahwa 1716 Presonil pengamanan kunjungan Wapres Boediono akan dibagi dan ditempatkan di dua Kabupaten yaitu Mamuju dan Majene.

Menurut Imformasi yang saya terima kedatangan Wapres Pa Boediono ke Sulawesi Barat adalah untuk melihat dari dekat kegiatan PNPM Mandiri ( sebuah Proyek Pengendalian Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat  ), Perkebunan Coklat di Mamuju dimana Sulawesi Barat salah satu penghasil Coklat terbesar di Indonesia bahkan nantinya Dunia, setelah itu  Pa Wapres akan melanjutkan perjalanan ke Kota Majene untuk melihat dari dekat Universitas Sulbar di Kota Majene yang dalam waktu dekat akan diresmikan menjadi Universitas Negeri, selain itu  Wapres juga akan melakukan Dialoq dengan siswa-siswi  salah satu SMA di Kota Majene.

Insya Allah
Semoga kunjungan ini membawa manfaat yang besar bagi Masyarakat Sulawesi Barat***
Demikain berita Regional yang kami sampaikan dari Mamuju. Maaf  jaringan lagi terganggu tak dapat mengunggah foto kapasitas besar ke Postingan,

Saham Garuda Jatuh Hari Ini

                                     Foto : admin.

MASKAPAI Penerbangan Milik Pemerintah Garuda pada perdagangan perdana  hari ini Jumat(11/2/2011) pada menit-menit awal pelepasan saham-Nya kepasaran mengalami penurunan pada saat pertama kali buka langsung melorot 50 point menjadi 700 rupiah per-lembar saham atau turun 6,6 % dari harga penwaran.

Garuda Indonesia sebagaimana diberitakan Metro TV akan melempar kepasaran dan mencatatkan 22,6 Milyar saham seharga Rp.750 perlembar saham.

Dalam Initial Public Offering ( IPO ) atau dengan kata lain Proses penawaran Umum Perdana Saham, Garuda menawarkan ke masyarakat 6,33 milyar saham atau sebesar 27,98 % dari jumlah modal yang telah ditempatkan dan disetrokan secara penuh oleh perseroan sebelum penawaran Umum dibuka.
Perlu diketahui bahwa dari Jumlah 22,6 Milyar saham yang akan dijual ke Public, Garuda mendapatkan Porsi sebesar 4,4 milyar saham, dan PT.Bank Mandiri TBK, sebagai juga adalah pemilik Saham di Perusahaan milik Pemerintah ini akan memperoleh 1,93 Unit Saham. Dari pelepasan semua saham itu Garuda akan mendapatkan Dana segar sebesar  4,75 Triliyun Rupiah.

Penurunan Harga Saham pada menit-menit pertama menurut Direktur Utama  PT.Garuda Indonesia Tbk  Emirsyah Satar mengatakan Kepada Metro “ Penurunan saham karena indeks sedang turun. Penurunan jangan dilihat hari ini saja. Untuk bermain saham harus melihat ke depan. Bicara saham Garuda bukan bicara hari ini,” kata Emirsyah Satar di Bursa Efek Indonesia, Jumat (11/2). Naik-turunnya harga saham atau indeks, kata Satar, merupakan dinamika pasar “

Seperti Warsito ( Dirut Bursa Efek Indonesia )  Satar tetap Optimis dalam enam bulan kedepan indx akan naik, yang akan mendorong harga saham juga akan naik, ketika index naik harga saham akan berpeluang naik, dan ini merupakan dinamika pasar ” kata Satar sebagaimana dilansir Metro.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar, menjelaskan bahwa IPO sebesar 3,3 Triliyun Rupaih yang diperoleh Garuda akan digunakan untuk menambah 57 Pesawat dari 86 pesawat yang sudah ada, sehingga pada 2015 total armada yang dimiliki Garuda menjadi 143 pesawat. Penambahan pesawat seiring dengan upaya perbaikan layanan pembukaan route baru baik penerbangan domestik maupun mancanegara, penambahan frekwensi penerbangan, baik lokal maupun internasional.

Adapun Type pesawat yang akan di beli oleh PT.Garuda Indonesia Tbk.  pesawat-pesawat jenis pesawat Airbus A 330 dan Boeing 737-800 NG, untuk menghemat biaya pemeliharaan.
Sumber Wikipedia bebas  menyebutkan AirBus A.330 merupakan sebuah pesawat terbang sipil komersia yang dapat digunakan untuk jarak menengah dan jarak jauh, kapasitas penumpang besar, dan berbadan lebar , namun ada beberapa Varian untuk jenis pesawat AirBus A330, antara lain Airbus A330-200, A330-200F, A330-300 dan  A330 MRTT.

Munculnya Airbus 320 pada tahun 1990 yang dilengkapi dengan teknologi tinggi sehingga Boeing merasa mendapatkan saingan baru dari 737, sehingga pada tahun 1993 Boeing memulai pengembangan dan membangun Boeing NG ( Next Generation ) yang pertama adalah 737-X NG, program ini kemudian dilanjutkan dengan seri 600-700 dan 800, Boeing 737-800 NG yang akan dibeli Oleh Garuda.

Perubahan yang dilakukan dari pesawat Boeng 737 sebelumnya adalah rancangan baru untuk sayap, peralatan elektronik, dan rancangan baru untuk mesin  pesawat yang dilengkapi dengan teknologi tinggi dari Boeing 777, kokpit berteknologi tinggi, sistim dalaman pesawat yang juga baru dari varian sebelumnya, yang paling revolusianer adalah penambahan ” wingtip” pada sayap yang dapat mengurangi pemakaian bahan bakar dan dapat memperbaiki pada saat pesawat akan Takeoff.***

Freddy Numberi, Kecelakaan Beruntun, Pak ??

                                Freddy Numberi, Menteri Perhubungan RI/Admin (iisd.ca)  
HARI INI JUMAT 28/1/2011, KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI BERDUKA, Dua Kecelakaan terjadi secara beruntun, Kereta Api saling bertabrakan duel entah karena kelalaian manusia atau kesalahan Keretanya yang tak mau berenti karena rem nya blong belum jelas juga, sebagaimana biasanya, anti klimaksnya 3 nyawa berjatuhan, 31 luka-luka belum termasuk kerugian harta dan benda, baik harta milik Negara maupun harta benda milik masyarakat yang menumpang Kereta itu,berdasarkan laporan yang saya terima dari salah satu siaran TV Swasta Nasional , dan  itu terjadi di Langen Sari, Kab.Banjar, Jawa Barat di nihari tadi tadi jam 02.24 Waktu Indonesia Bagian Barat.

Urut-urutan ( Kronologis) terjadinya duel maut antara Kereta Api ( KA ) Mutiara Selatan dengan route Surabaya- Bandung Versus Kereta Api ( KA ) Kutojaya yang berangkat dari Bandung menuju Purwekerto berlangsung cepat, walau saat ini semua Korban baik korban meninggal dunia, maupun yang luka-luka  telah di evakuasi ke Rumah Sakit Umum Banjar Jawa Barat, namun tabrakan kereta ini tetap saja meninggalkan bekas kesedihan yang mendalam bagi keluarga Pengguna Jasa Kereta Api ( KA ) yang telah berulang-ulang kali terjadi, sungguh sangat Naas Nasib perjalanan Hidup PTKAI, dibawa binaan  Kementerian Perhubungan RI, dikarenakan sering- sering mengalami musibah.

Sekali lagi kejutan datang di pagi hari, Jum’at, 28/1/2011, saat berita Duel Maut KA Mutiara Selatan VS Kotajaya di Jawa Barat masih membakar hati para keluarga korban, dan masih ramai di beritakan di berbagai Media, muncul lagi berita duka kecelakaan Feri Lautan Teduh II di perairan antara Merak dan Bakauheni karena terbakar, 12 korban di perkirakan tewas dan 472 orang, penumpang lainnya di pastian selamat. Sebab-sebab terjadinya kecelakaan menurut salah seorang saksi mata  ” Hariyanto ( 50 Tahun ) yang ditanyai oleh wartawan Kompas.com mengatakan ” dia melihat sumber api dari dek kendaraan Kapal Feri lautan teduh, kemudian membakar kendaraan yang lain, para penumpang yang melihat kapal sudah terbakar kemudian panik, dan melompat kelaut “.

Kapal Feri KMP.Lautan Teduh II yang naas itu berangkat dari Dermaga III Pelabuhan Merak menuju Bakaheuni pukul 3.00 WIB  dinihari 40 menit sebelum terbakar dekat Pulau Tempurung mengangkut ratusan penumpang dan 31 orang anak buah kapal yang di Nakhodai oleh Muksin Haji Sinde , dan 95 buah kendaraan roda dua dan roda 4 ( untuk jelasnya baca Kompas.com yang menyajikan beritanya secara lengkap jelas dan terang ).

Wakil Presiden Pa Boediono juga bereaksi atas musibah yang menimpa PT KAI dan PT. Indonesia Feri Merak, dua perusahaan jasa angkutan yang menjadi salah satu perimadonna bagi masyarakat kita, selain jasa angkutan Darat.

Dalam keterangannya kepada Wartawan di Istana Wakil Presiden, Jumat  hari ini , Pa  Boediono menjelaskan, bahwa beliau mempercayakan penanganan kecelakaan Feri dan Kereta Api kepada Menteri Perhubungan Pa Freddy Numberi, lewat juru bicaranya Yopie Hidayat yang mengatakan ” Pa Boediono belum berencana memanggil Pa Freddy, Wapres masih mempercayai Menterinya untuk bekerja, beliau masih mau melihat dulu situasinya, kalau dipanggil mereka tak bisa bekerja ” jelas Pa Jubir.

Pa Jubir juga mengatakan  Pa Wapres Boediono belum memberikan arahan kepada Menteri terkait masaalah kecelakaan, beliau Pa Boed menilai para menteri memiliki kompetensi dan keewenangan yang cukup untuk menangani kecelakaan, jika perlu koordinasi yang lebih akurat dan lintas kementrian, barulah Menteri meminta arahan Pa Boediono “.

Kecelakaan demi kecelakaan, musibah demi musibah menimpa Kereta Api Indonesia, masih segar dan bugar dalam ingatan kejadian-kejadian serupa berulang-ulang terjadi, bahkan hampir sering-sering terjadi dalam 7 tahun terakhir, kejadian-kejadian yang memilukan seperti ini, yang paling segar adalah kejadian tanggal 2 Oktober 2010, saat Kereta Kelas Bisnis Senja Utama route Jakarta - Semarang ditabrak dari belakang KA  Eksekutif Agro Bromo , jurusan jakarta - Surabaya,  di lintas Desa Jatimulyo, Kecamatan Petarukan Pemalang  Jawa Tengah, di pagi buta hari Sabtu jam 03.00 WIB, 34 nyawa melayang sia-sia, dan puluhan korban luka-luka berat ataupun ringan, Gerbong Kereta Api porak poranda, entah berapa kerugian material yang sudah ditimbulkan akibat kecelakaan KA sepanjang 5 - 7 tahun terakhir ini.

Sampai saat ini belum diketahui  penyebab terjadinya kecelakaan KA  Mutiara Selatan VS KA Kutojoyo di Banjar Jawa Barat pagi tadi, kalau saja berdasarkan penelitian ditemukan kesalahan terjadi akibat ” Human error ”  seperti kejadian-kejadian sebelumnya, maka apa yang menjadi dalih PT.KAI yang mengatakan bahwa human eror terjadi karena pendidikan pegawai terabaikan karena kekurangan Dana, dimana pada tahun 2008 anggaran pendidikan Pegawai Pt.KAI hanya 0,5 % ( 18 Milyar ) idelanya 2 % dari income sebesar Rp.4,2 triliyun. Pada Tahun 2009 PT.KAI meraup untung sebesar Rp. 150 milyar, belum ada data tentang berapa keuntungan PT.KAI di tahun 2010 yang baru lalu ( Data Kompas.com 2/10/1010 dalam naskah ” Jangan meninggal sia-Sia ).

Saya jadi bertanya-tanya apakah dengan keuntungan yang diperoleh pada tahun 2009 dan 2010 belum mencukupi untuk melakukan pendidikan bagi para masinis dan pegawai lainnya yang terlibat langsung secara oprasional di lapangan. Kalau tidak bagaimana mungkin PT.KAI bisa memberi kenyamanan dan perlindungan kepada para pengguna jasa Kereta Api.

Sebagai Motivator dan fasilitator,  Menteri Perhubungan RI Bapak Freddy Numberi tentulah merasa bertanggung  jawab atas kejadian beruntun yang terjadi hari ini, maupun kejadian sebelumnya, tentulah dengan segala daya upaya sudah melakukan yang terbaik namun apa mau dikata kecelakaan serupa tetap saja terjadi. Upaya-upaya yang nampak bagi kami masyarakat kecil adalah pergantian beberapa pejabat yang dianggap tidak mumpunyai kompetensi dengan pejabat yang dianggap mempunyai kompetensi di bidang perkereta apian, di level menengah dan bawah, bagaimana dengan sarana dan prasarananya, apakah sudah dibenahi  ?

Baru sehari sebelum kejadian kecelakaan KA  tadi pagi,  Kamis kemarin Direksi dan Komisaris PT.KAI yang baru dilantik dan diambil sumpahnya, dan kebetulan Mantan Kapolri Bapak Bambang  Hendarso Danuri diangkat menjadi Komisaris utama PT.KAI yang baru, disamping beberapa orang petinggi PT. KAI lainnya dan ini merupakan angin segar bagi terselenggaranya pelayan angkutan yang lebih baik dimasa datang.

Kepercayaan Wakil Presiden Pa Boediyono kepada Menteri yang terkait masalah kecelakaan yang terjadi masih baik dan menilai para menteri punya kompetensi dan kewenangan yang cukup untuk menangani masalah kecelakaan ini, menyarankan untuk melakukan koordinasi yang tinggi dengan para Menteri terkait untuk menyelesaikan masaalah dengan baik, sebelum meminta arahan Pa Boediono “

Kalau saja Kepercayaan yang diberikan oleh Wakil Presiden Pa Boediyono  kepada para Menteri yang terkait cukup baik , terlaksana dengan baik  pula , semoga saja peristiwa yang memilukan seperti yang terjadi saat ini tidak terjadi lagi, setidaknya dapat ditekan serendah mungkin, di hari-hari mendatang. Pa Freddy Numberi, Kecelakaan Beruntun Pa, Solusinya………  bagaimana Pa ?**

Diolah  Dari  bahan dan sumber terpercaya**