Social Icons

Rabu, 12 November 2014

MENEMBUS SASARAN BERKALI KALI

OLEH : DR.H.SUHARDI DUKA,MM




Sabtu kemarin kita rame-rame menembak bersama jajaran kodim polres dan perbakin, senjata saya sasarannya bergeser bisa tembak kaki kena kepala, kemudian saya perhatikan beberapa di sekeliling saya ternyata banyak senjata justru sasarannya tidak boleh di rubah kitalah yang menyesuaikan perubahan itu.



Perbedaan antara apa dan bagaimana, pernakah anda membuat daftar mengenai apa yang berubah atau apa yang lkemunkinan berubah.

Yang saya maksud bukan bagaimana kita melakukan sesuatu, tapai apa yang kita lakukan



Kasus senjata yang berbeda tadi, saya berusaha menyetel  agar sesuai dgn perubahan yang saya inginkan agar sasaran bisa kena berkali kali. Artinya perubahan dapat direncanakan, namun ingat kebanyakan perubahan bukan terletak pada apa yang kita lakukan melainkan pada bagaimana kita melakukannya.



Demikian juga perubahan itu akan berjalan terus, apa atas kehendak anda atau atas keinginan perubahan itu sendiri,

Perubahan yang baik adalah perubahan yang evolusi dari system yang terbangun dari pranata social, perubahan yang menyimpang dani nilai pranata social bisa akibat intervensi atau revolusi, bila intervensi maka akan terjadi penyimpangan nilai social, dan bila revolusi biasanya akan terjadi konplik social.                                                          Perubahan Indonesia periode tahun 1998 walau tdk diakui sebagai revolusi akan tetapi banyak memakan korban dan konplik social, bahkan secara mendasar kontitusi terjadi amandemen, demokrasi dan kebebasan pers, begitu terbuka dan secara mendasar budaya paternalis menjadi terkikis.



Lain halnya dengan mamuju, juga terjadi perubahan yg siknifikan, akan tetapi hampir seluruhnya adalah perubahan yang direncakanan.

Salah satu perubahan yang cukup baik adalah satu kondisi dimana pegawai tdk pernah mengeluarkan zakat atas pendapatannya ( gaji ) kini seluruh pegawai muslim telah dengan sukarela dan paham akan pentingnya zakat bagi pendapatan setiap bulan dan terbukti BAZ kab Mamuju mampu menghimpun dan menyalurkan Zakat setiap tahunnya kurang lebih 3 Milyar.



Perubahan perubahan terencana bisa menembus berkali kali, sejauh kita focus untuk suatu proses yang baik, termasuk WTP, juga telah 2 kali kena sasaran.

Menembak perubahan dibutuhkan kemampuan, dan teknik sebagai mana kita membidik sasaran dilapangan tembak.





               Lapangan tembak padang panga 1 Juli 2014


    Kritik dan saran melalui :
    Facebook suhardi duka
    Email : duka_suhardi@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar