Social Icons

Selasa, 23 Desember 2014

LAPORAN PERJALANAN DINAS


LAPORAN PERJALANAN DINAS DALAM DAERAH
DEWAN PENGAWAS PDAM TIRTA MANAKARRA MAMUJU
TAHUN 2014

KEPADA : BAPAK BUPATI MAMUJU,
DARI       : DEWAN PENGAWAS PDAM TIRTA MANAKARRA MAMUJU,
PERIHAL: Laporan Perjalanan Dinas Dewan Pengawas PDAM-TM Kabupaten Mamuju dalam rangka peninjauan asset Pemerintah Pusat dalam hal Kementrian PU kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju berupa Instalasi Pengelolaan Air Bersih

1. DASAR PELAKSANAAN
  • Surat Perintah Perjalanan Dinas No. 025/SPPD/XII/2014, tanggal 17 Desember 2014, yang dikeluarkan oleh PDAM-TM Mamuju dan ditandatangani oleh Dirut PDAM.
2. MAKSUD PERJALANAN 
  • Sebagaimana tercantum dalam lembar SPPD tujuan dari Perjalanan Dinas didalam Daerah  ini adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja sekaligus peninjauan asset Pemerintah Pusat Cq. Kementrian PU yang akan dihibahkan kepada Pemerintah Daerah berupa Instalasi Pengelolaan Air Bersih, SPAM Pedesaan serta jaringan Perpipaan.
3. TUJUAN PERJALANAN DINAS
  • Perjalanan Dinas dalam Daerah ini bermaksud untuk mengetahui suasan kerja disetiap IKK ( Instalasi yang ada di Kota Kecanatan )  juga ingin memastikan semua Asset yang akan dihibahkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya.
4. WAKTU PELAKSANAAN,

Perjalanan Dinas ini berlangsung selama 3 ( tiga ) Hari yaitu dari tanggal 18 Desember 2014 s/d tanggal 20 Desember 2014 dengan menggunakan Kendaraan Dinas Roda empat PDAM-TM, mengunjungi beberapa IKK dan IPA yang ada dibawah PDAM-TM Mamuju dengan  jadwal perjalanan sebagai beriut :
    • Kamis Tanggal 18 Desember 2014, mengunjungi Kantor Instalasi Kota Kecamatan ( IKK ) Kalukku, yang terletak di Tasiu  32 Km utara Kota Mamuju , setelah itu lanjut ke Instalasi Pengelolaan Air untuk Kalukku kapasitas 10 Liter/ detik yang hanya berjarak 1 Km dari Kantor IKK  tepatnya di Jalan Trans Mamuju - Kalumpang - Mamasa, setelah itu mengunjungi IPA Kabuloang kapasitas 20 Liter/ detik  ( Systim Grafitasi ) di Desa Kabuloang masih dihari yang sama perjalanan dilanjutkan ke Kantor Instalasi Kota Kecamatan yang terletak di Tarailu 75 Km utara Mamuju atau 43 Km dari Kantor IKK Kalukku , kemudian ke IPA Tarailu yang berkapasitas 10 Liter/detik dengan Systim Pembangkit Listrik di pinggiran Kota Kecamatan Tarailu
    • Jum'at Tanmggal 19 Desember 2014, mengunjungi Instalasi Pengelolaan Air Bersih ) Pattiddi di Kecamatan Simboro, SPAM Pedesaan di Botteng dan Sumare juga di Simboro, mengunjungi IKK Tapalang ( IPA Tapalang ) di Kecamatan Tapalang 38 Km Selatan Mamuju
    •  Sabtu, 20 Desember 2014 mengunjungi Intake yang ada di Sungai Soddo Mamuju sumber air baku untuk Pusat Kota Mamuju dan Pulau Karampung, serta IPA Soddo yang berkapasitas 20 Liter/ detik.
5. HASIL YANG DICAPAI
  • Kamis, tanggal 18 Desember 2014, Berangkat dari Mamuju sekitar jam. 8.30 Wita , petjalanan diatas aspal licin dengan jarak tempuh 32 Km hanya diperlukan waktu sekitar setengah jam kami maksudnya Saya MUHAMMAD NUR ( Sekertaris Dewan Pengawas PDAM-TM Mamuju ) dan Pa M.ADHAN KASIM ( Anggota Dewan Pengawas PDAM-TM Mamuju ) tiba di Kantor IKK Kalukku di jalan Trans Sulawesi TASIU Kecamatan Kalukku, diterima oleh Kepala Kantor IKK Husri, ST dan jajarannya. Setelah bincang-bincang diketahui bahwa saat ini IKK Kalukku yang mengelola Dua IPA berkapasitas 30 Liter/ detik , yaitu IPA Tasiu 10 Liter/ detik dibangun pada tahun 2009 dan IPA Kabuloang 20 Liter/ detik ( Sistim Grafitasi ) dibangun pada tahun 2013,mempekerjakan 13 Orang Kariyawan, 9 tenaga tetap dan sisanya 4 Orang tenaga Honor, Saat ini IKK Kalukku memiliki 1.560 Pelanggan, Kalukku dan sekitarnya 1.100 Pelanggan serta Kabuloang baru 560 pelanggan dengan pendapatan sekitar 70 - 75 Juta perbulan, diharapkan bahwa Pelanggan akan terus bertambah mengingat kapasitas IPA terpasang masih meungkinkan penambahan Pelanggan dan itu berarti peningkatan Pendapatan. Kondisi yang  terlihat dan diketahui di IKK Kalukku hamoir sama dengan apa yang ada di IKK Tarailu, Walau IKK ini baru memiliki Kariyawan 4 Orang, 3 Pegawai tetap dan 1 Orang masih honor, melayani 705 Pelanggan dari IPA Tarailu dengan kapasitas 10 Liter/ detik ( Sistim PLN dan Genset ) pendapatan sekitar 40 Juta perbulan dengan presentasi tungggakan sekitar 10 % perbulan.
  • Jum'at tanggal 19 Desember 2014, mengunjungi dan melihat Kondisi IPA Pattidi di Desa Pattiddi Kecamatan Simboro 9 Km Selatan Mamuju berkapaitas 20 Liter/detik ( Sistem Grafitasi  ) dibangun pada tahun 2011 , untuk mensuplay air bersih di Utara dan Barat Kota Mamuju serta SPAM Pedesaan di Botteng dan Sumare juga di Kecamatan Simboro. Setelah itu Perjalanan dilanjutkan ke IPA Tapalang yang terletak di Km. 38 Selatan Kasambang Tapalang, dari Km. 38 Jalan Trans Sulawesi kami turun dari mobil berjalan kaki belok kekiri memasuki perkampungan, jalan di pematang sawah, melewati jembatan darurat dan terakhir pendakian dikemiringan sekitar 20 derajat sekitar 700 meter hingga 1 Km sampailah kani di IPA Tapalang dalam kondisi masih bisa berfungsi tapi belum  dimanfaatkan karena  belum adanya jalan yang dapat diakses oleh kendaraan roda empat atau enam untuk keperluan oprasional dan maintenance sebuah Intalasi.
  • Sabtu 20 Desember 2014, mengunjungi Intake yang ada di Sungai Soddo Mamuju sumber air baku untuk Pusat Kota Mamuju dan Pulau Karampung, serta IPA Soddo yang berkapasitas 20 Liter/ detik dibangun pada tahun 2013 . Kagum kami menyaksikan IPA yang ada diatas bukit jalan menuju ke Rujab Bupati Sapota dari arah Soddo Kecamatan Kota ( Binanga ) yang mensuply air ke Pulau Karampung , bangunannya negah sulit dijelaskan dengan kata menurut Saya inilah satu-satunya IPA di Indonesia  yang mensuply air ke Satu Pulau dengan melewati perairan di kedalaman laut selat Makassar.
6. KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN

KESIMPULAN :

Kesimpulan dalam perjalanan Dinas ini  berdasarkan apa yang kami lihat dan ketahui bahwa kinerja dan Manajemen Kantor IKK Kecamatan Kalukku dan Tarailu berjalan dengan baik dan wajar ada beberapa hal yang masih perlu mendapatkan perhatian dari Manajemen seperti berupaya menambah pelanggan dengan melakukan promosi , menurunkan presentase tunggakan dengan meningkatkan penagihan, mencari sumber air lain yang memungkinkan membangun IPA dengan sitem Grafitasi agar bisa menekan biya oprasional penggunaan PLN atau Genset, serta mengupayakan Diklat-Diklat untuk meningkatkan sumber daya manusia. Dari hasil kunjungan / Peninjauan langsung kebeberapa  IPA yang disebutkan diatas berdasarkan penilaian dari segi kondisi non teknis dari pengamatan langsung dilapang  , semua berjalan dab berfungsi dengan baik, Normal dan Wajar  terkecuali untuk IPA Tapalang.

IPA Tapalang berkapasitas 10 Liter/ detik yang dibangun pada tahun 2009 belum berfungsi dan belum dimanfaatkan karena terbentur pada Akses Jalan Desa menuju IPA sepanjanag 700 meter - 1 Km , diharapkan pihak yang berkompeten dapat membangun akses jalan tersebut,  IPA ini belum diserahkan Pengelolaannya ke PDAM-TM Kabupaten Mamuju dan tidak termasuk dalam usul Hibah Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju karena belum dapat difungsikan .
Perlu diketahui disamping pembangunan jalan menuju IPA , untuk beroperasi  IPA juga membutuhkan puluhan juta rupiah perbulan untuk  biaya oprasional, gaji Pegawai PDAM, diluar  Sewa Listrik ( PLN ) dan Bahan bakar untuk Genset yang juga bisa mencapai Rp. 10 Juta / perbulannya, sehingga dibutuhkan partisipasi aktif  masyarakat untuk pembiayaan tersebut tentu melalui pembayaran rekening Air bila kelak sudah difungsikan karena ada fenemona yang beredar kalau IKK ( IPA ) itu sumbangan dari Pemerintah, yang benar bahwa IPA adalah bantuan Pemerintah sedang biaya oprasional sepanjang difungsikan menjadi tanggung jawab Pengguna ( Pelanggan ).

SARAN-SARAN :

Demikianlah laporan perjalanan Dinas dalam Daerah ini kami buat, berharaf semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi Bapak Bupati untuk mengambil kebijakan mengenai Hibah Asset milik Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dan Pembinaan PDAM-TM mamuju untuk mengemban misinya sebagai perusahaan yang menginginkan peningkatan Laba dan unsur sosialnya untuk membantu masyarakat dalam pelayanan air bersih sebagai hajat hidup manusia.

Apabila dalam laporan ini terdapat kesalahan dalam bentuk apapun kami mohon maaf karena tak ada gading yang tak retak tak ada manusia yang luput dari kekhilapan **


MAMUJU, 22 DEEMBER 2014

YANG MEMBUAT LAPORAN


MUHAMMAD NUR 
SEKERTARIS DEWAN PENGAWAS PDAM-TM MAMUJU

Foto - Foto Penunjang Kaporan Perjalanan Dinas,


Berjalan menuju IPA Tapalang lewat sawah.






Bak IPA Soddo Mamuju.




IPA Tapalang diatas bukit Kasambang belum berfungsi







Intake di Soddo untuk air baku  Kota dan Pulau Karampuang.



IPA Soddo Mamuju Indah dan Megah

IKK Kalukku

IPA TARAILU

IPA KABULOANG

INTAKE SODDO MAMUJU


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar