Social Icons

Kamis, 08 November 2012

CPNS Sebuah Harapan bukan Asa ??!!

 Diposting di Kompasiana pada tanggal : 20 November 2010.

Minggu ini dimana-mana hampir diseluruh Negeri para pelamar PNS  ( Pegawai Negeri Sipil ) sedang sibuk-sibuknya atau di sibuki dengan urusan surat-surat kelengkapan lamaran-Nya. Sejak Pengumuman penerimaan PNS Kantor dimana saya bekerja kebanjiran Tamu bukan untuk silaturakhmi tapi untuk urusan Kartu Kuning ( Kartu yang Warnanya Kuning bagi para pencari kerja  ) dan diterbitkan oleh Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosnakertrans, sebagai salah satu kelengkapan atau persyaratan untuk melamar.  Masih untung para calon pelamar tidak dipungut biaya sesenpun  dalam pengurusan Kartu Kuning, mereka hanya di haruskan membawa foto ukuran 3 x 4 cm 3 lembar dan foto copy ijazah SD sampai Ijazah terakhir yang sudah di legalisir.



Ilustrasi/Admin (KOMPAS.com)
Untuk biaya tiga lembar foto dan legalisir ijazah  saja di tambah dengan biaya transport dan akomodasi kalau mereka datangnya dari luar kota perlu biaya yang tak sedikit bagi ukuran kantong pencari kerja.

Ketika iseng-iseng saya tanyakan kepada salah seorang dari mereka yang bergerombol menanti  giliran untuk dipanggil.

” Cuman sekitar 100 ribu rupiah Om  sudah  termasuk biaya ekstra , karena saya tinggalnya di Kota “

” Maksudmnu apa di suruh bayar, ekstranya  apa ??” tensiku mulai naik jangan-jangan ada pungli lagi.

“  Untuk beli-beli jajan-jajan  dan rokok om “
Kalau untuk urusan selembar kartu Kuning gratis masih mengeluarkan dana sebesar 100 ribu rupiah, bagaimana dengan kelengkapan lainnya yang tidak gratis bisa lebih dari itu.

” O ohhhh “  Saya  lalu pergi dari sana masuk keruangan untuk memulai aktifitas rutin bekerja.
Saya kemudian  menghidupkan Laptop untuk menelusuri berita sekitar penerimaan CPNS di Internet  dan mememukan berita  itu di JPPN Nasional.com , mulai saya  baca dan ini sebagian isinya :

Menurut Menpan ( Menteri Penertiban Aparatur Negara ) EE.Mangindaan jumlah Formasi CPNS  untuk Tahun 2010, adalah :
* CPNS pusat                                                                                 96.000  Orang
* CPNS Daerah                                                                            215.000   Orang
Jumlah yang akan diterima Tahun 2010                        311.ooo   Orang
Tenaga Honorair yang ada di Pusat dan -
daerah   yang layak diangkat  di prediksi
Berjumlah :
* Honorair Pusat                                                                           48.996 Orang
* Honorarir Daerah                                                                       88.159 Orang
Jumlah Tenaga Honorair Pusat dan daerah                     137.155 Orang.

Data untuk jumlah pelamar umum yang  sudah terdaptar tidak saya kutip karena berita yang di rilis  oleh JPPN.Com tertanggal 14/11/2010. Sedang Pelamar di daerah masih terus berusaha melengkapi berkasnya sampai hari ini, bisa sampai jutaan Orang.

Saya tidak akan memperpanjang tulisan saya dengan pembahasan tentang berapa banyak Dana yang di keluarkan oleh calon PNS atau berapa banyak calon pelamar yang tidak akan berhasil diterima karena menurut saya itu bukan berita baru lagi setiap tahunnya peristiwa semacam ini terjadi, beberapa diantaranya ada yang sempat di tipu oleh oknum calo yang sering mengaku-ngaku orang dalam ( petugas atau panitia ),  ada pula yang sengaja menyuap tapi tidak diterima jadi PNS, itu dapat kita ketahui lewat media elektronik dan media cetak  Nasional ,  hampir setiap ada penerimaan peristiwa itu terulang.

Saya tidak bermaksud meng- gurui, sekedar mengingatkan, meminjam isitilah kerennya Kompasiana Sharing Conection , dan yang saya ingin sampaikan bahwa :
* Untuk diangkat menjadi seorang CPNS ( Calon Pegawai negeri Sipil ) tidak lah perlu melakukan penyuapan, karena iming-iming seseorang  yang menjanjikan untuk lulus dan dingkat menjadi CPNS ,  menurut sayaitu adalah upaya spekulasi dari para dan terencana dari orang-orang yang tidak bertanggung  jawab.

* Untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil tidaklah perlu melakukan kecurangan, seperti menggunakan Joki, manipulasi Ijazah,  atau tindakan lain yang dapat di kategorikan sebagai kecurangan karena cepat atau lambat akan ketahuan.

* Bahwa tindakan-tindakan  atau perbuatan tersebut diatas sangat merugikan diri sendiri dan menguntungkan Orang lain, karena perbuatan tersebut adalah perbuatan kriminal dan bila terbukti akan di jatuhi hukuman penjara yang cukup berat hanya karena bermaksud jadi PNS badan terkurung di Hotel Porodeo.

Menjadi PNS hanyalah sebuah Harapan  bukan Asa dan bukan segalanya****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar