Social Icons

Sabtu, 27 Desember 2014

TAHUN 2015 UJIAN DAN OPTIMISME

OLEH : DR. H. SUHARDI DUKA, MM


Diahir  tahun  2014,  Indonesia  mencatat  sejarah   dengan  pergantian kepemimpinan  nasional  dengan  damai  dan  sejuk  yaitu  dari  Susilo  BambangYudoyono kepada Joko Widodo.  Bersamaan dengan itu pada bulan  nopember Pemerintah menaikkan harga BBM utamanya Premium dan solar. Akibat  kenaikan  itu  terjadi  demo  mahasiswa  dan  buruh  dikota-kota  besar menolak kenaikan harga BBM. Dan gejolak ekonomipun mulai terasa dan dibulan desember  ini  kembali  ekonomi  Indonesia  terasa  berat  akibat  melemahnya rupiah terhadap dollar amerika.  Itulah sekelumit peristiwa di ahir tahun 2014,terus bagaimana dengan tahun 2015 ,,,, ?           

 Masa depan adalah kumpulan kemunkinan, arah, peristiwa, perubahan,           Kemajuan dan kejutan. Seiring waktu segalanya menemukan tempatnya           Masing-masing dan, bersama-sama semuanya membuat gambaran baru           Mengenai dunia.  ( jhon Naesbit ).

Sebagai bangsa apalagi pemimpin satu daerah saya tentunya tidak akan pernah pesimis melihat masa depan, walaupun tantangan 2015 tidak mudah, dan salahsatu  momen  di  2015  akan  terjadi  pilkada  serentak  di  hampir  300  daerah  diIndonesia di tengah ketidak pastian legalitas aturan yang mendasari sampai saatini, apakah lansung atau tidak lansung.

Di  2015 penegakan hukum akan semakin kuat utamanya dalam upaya untuk pemberantasan korupsi,  dan kejahatan ekonomi lain termasuk narkoba,  disisi lain tingkat kecurigaan public terhadap pejabat politik/public belum akan redah.Untuk gambaran itulah maka gerak laju ekonomi juga akan memilih jalan yang aman dan hati-hati, utamanya dalam ber investasi yang terkait dengan perizinan.Ada pepatah jepang yang tepat untuk menggambarkan kondisi ini, paku yang me-Nonjol akan di palu.

Banyak  pemimpin  justru  sukses  dalam  upaya  peningkatan  kesehateraanmasyarakatnya  akan  di  palu.  Banyak  pemimpin  yang  telah  mengabdikan  diri untuk masyarakat  dan menonjol  dipaksa kembali  pada  kebijakan lama  yang mapan. Olehnya itu kalau berjalan jangan terlalu jauh dari rombongan agar anda tetap dihitung sebagai rombongan.

Untuk  kondisi  mamuju,  target  ekonomi  makro,  diyakini  masih  akan  diatas capaian nasional, pertumbuhan ekonomi nasional kisaran 5-6 % mamuju akan tetap tumbuh kisaran 9-10 %.  Iklim investasipun akan tetap berjalan, utamanya tingkat produktifitas hasil pertanian dan perkebunan mamuju akan meengalami peningkatan  rata-rata  di  atas  10  persen,  utamanya  sector  Pangan,  cocoa  dan sawit. 

Untuk kondisi social mamuju 2015 akan stabil, aman dan harmoni baik toleransi antar umat beragama, suku dan konplik social lainnya di harapkan tidak terjadi akibat  sumber  pemicunya  dapat  kita  atasi  dengan  baik  dengan  ketersediaanpangan dan kebutuhan pokok lainnya.

Yang  sangat  dibutuhkan  adalah  kesadaran  masyarakat  dalam  perbaikan lingkungan dan pemukiman serta penataaan kota termasuk mengatasi  maslahapersampahan.SELAMAT  MEMASUKI  TAHUN  BARU  2015  DENGAN  PENUH  OPTIMISME DANPENINGHKATAN IMAN DAN KEPEKAAN SOSIAL.


SAPOTA   23 DESEMBER 2014

SDK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar