Social Icons

Senin, 22 Desember 2014

BERANI MENUJU ZONA YANG TIDAK NYAMAN

OLEH : DR.H.SUHARDI DUKA,MM,


Adalah suatu kenyataan yang harus dihadapi dengan keluarnya kebijakan moratoriumuntuk penerimaan pegawai negeri sipil tenaga non medis dan guru,Tes online tahun ini memberi pelajaran bahwa untuk mendapatkan kerja bukan hanya koneksi dan sogok yang dibutuhkan untuk jadi pns. Benar kualitas dan kemampuan sangat dibutuhkan dengan sistim yang lebih terbuka dan sulit untuk dilakukan pengaturan.

Dari tahun ketahun kelihatan bahwa hampir lebih separuh angkatan  kerja bercita-cita ingin menjadi pegawai negeri, karena pegawai negeri dianggap terjamin hidupnya, jaminan hari tua, perumahan dan fasilitas kendaraan dan lain-lain. Dengan bekerja rutin sedikit disiplin dan loyal karier akan merangkak naik, mulai esalon 4, 3, 2 dan munkin bisa ke esalon 1.Daya tarik inilah yang menyebabkan banyak pencari kerja ingin bersaing masuk menjadi pns, di tambah lagi dengan kedudukan dan penghargaan dimasyarakat bila menjadi pejabat mendapat tempat khusus.

Sebenarnya justru bagi kalangan yang suka tantangan pns itu tidak cocok, yang suka inovasi dan mengukur tingkat produktivitasnya sebaiknya mencari pekerjaan yang tidak berada  di sona nyaman terus menerus.Saya Pernah PNS 13 tahun dan  minta berhenti dengan hormat tanpa pensiun. Mengapa saya minta keluar karena disana tidak ada kompetisi  dan sulit ber inovasi, saya menganggap bekerja rutin setiap hari dari waktu kewaktu tidak memiliki tantangan saat itu.

Indonesia dalam komposisi demografi   orang yang bekerja dikalangan bisnis belum cukup 2 % penduduk, ini artinya kita masih memiliki peluang besar untuk bekerja disektor ini dengan  peluang dan potensi sumber daya yang dimiliki.Disektor bisnis memiliki tantangan dan peluang yang lebih menjanjikan baik itu dalam mencari kerja pada perusahaan yang telah mapan, maupun upaya untuk membuka lapangan kerja baru, tentu dengan membutuhkan sedikit modal.Zona ini memang zona yang tidak nyaman di awalnya, akan tetapi tantangannya  dihadapi  akan terasa dan dianggap biasa, sering tidak cukup 10 tahun orang banyak suskses meniti karier di perusahaan dan sudah berada pada level puncak atau minimal pada level manager.

Diperusahaan keahlian dan  produktifitas sangat dihargai begitupun kreatifitas dan inovasi sangat memungkinkan untuk dilakukan dan dapat mendatangkan kepuasan tersendiri. Sedangkan jadi pegawai begitu banyak aturan yang harus mengikat ditambah lagi dengan pengawasan yang begitu ketat dan saat yang sama banyak aturan multi tafsir, yang menyebabkan banyak pegawai atau pejabat masuk hotel prodeo. 

Untuk itu anak muda yuk tinggalkan zona nyaman di awal ambil zona yang lebih menantang dan ahirnya nyaman di ahir. Sukses for you. Sdk sapota mamuju..untuk anak - anak muda yang berjiwa maju..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar