Social Icons

Kamis, 20 November 2014

POTENSI KEMARITIMAN PROVINSI SULAWESI BARAT





Oleh ; Drs.H.DJAMRUDDIN B,MM

Provinsi Sulawesi Barat yang berhadapan langsung dengan Selat Makassar, memiliki panjang garis pantai kurang lebih 752 Km.Kondisi tersebut sangat menguntungkan bagi  Pembangunan Bidang Kemaritiman diberbagai sektor antara lain Pembangunan dibidang Perikanan, Pariwisata bahari, Industri Maritim, Perhubungan laut, Pembangunan kelautan dan jasa kelautan, yang dapat menjadikan andalan sumber-sumber pendapatan Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan Rakyat.


Sulawesi Barat
Bidang Perikanan laut ;

  Penyu

Dari berbagai jenis ikan nelayan tangkap dan jenis ikan-ikan karang yang sangat potensial untuk dibudidayakan serta perikanan pantai seperti udang, bandeng, taripang,penyu,Rumput Laut dan berbagai komoditas jenis ikan yang terdapat di sepanjang pesisir pantai Sulawesi Barat.

Bidang Pariwisata Bahari ;

Trumbukarang

Wisata bahari sepanjang pesisir pantai Sulawesi Barat yang meliputi Kab.Polewali Mandar, Kab.Majene, Kab. Mamuju sebagai Ibukota Provinsi, Kab. Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Utara dan disepanjang pantainya memiliki kurang lebih 30 pulau pulau besar dan kecil serta berbagai jenis biota laut, pasir putih dan terumbu karang  yang indah dan spesifik.

Bidang Industri Kepariwisataan  ;

Perahu Sandeq

dengan Teknologi Perahu Tradisional Sandeq senagai alat trasportasi nelayan Suku Mandar yang dikenal sebagai pelaut ulung karena kecepatan dan ketangguhan perahu Sandeqnya yang dipakai untuk menangkap ikan. Perahu cantik ini mampu mengejar kawanan ikan Tuna, bahkan kawanan yang sedang bermigrasi. Bahkan di dunia pariwisata dan pelayaran internasional perahu Sandeq terkenal sebagai alat perlombaan olah raga bahari

Bidang Perhubungan Laut ;

 
 Kapal Penumpang & Barang           Jalur Pelayaran Penumpang & Barang

Sulawesi Barat yang letaknya dibagian barat Pulau Sulawesi dan berbatasan lanagsung dengan Pulau Kalimantan melalui Selat Makassar menjadikan posisi strategis sebagai jalur trasportasi antar wilayah maupun sebagai pintu gerbang Pelayaran Internasional. Untuk itu diperlukan pembangunan infra struktur bidang kelautan agar dapat melayani Kapal-kapal penumpang dan barang yang melintasi Selat Makassar.

Bidang Jasa Kelautan ;

Pulau Gusung Toraya

Pemanfaatan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang tak berpenghuni maupun pulau-pulau kecil yang tenggelam di permukaan serta wilayah pesisir dapat dikelola sebagai target-target Pendapatan Daerah perlu dimanfaatkan secara baik dan benar serta  tidak merusak ekosistim lingkungannya.
Dari gambaran umum Potensi Kemaritiman Provinsi Sulawesi Barat menunjukkan bahwa Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil dapat member peluang untuk dikelola sebagai target-target penerimaan Daeran diantaranya adalah : Pengelolaan Hak pengusahaan perairan pesisir, Pemanfaatan pulau-pulau kecil dan perairan di sekitarnya, Konservasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, Rehabilitasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, Reklamasi dan Obyek-obyek Penelitian pengembangan Ilmu Pengetahuan Bidang Kemaritiman dll.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar