Social Icons

Minggu, 11 November 2012

Tentara Mesir Tak Berpihak, Tahta Mubarak di Ujung Tanduk

                                       Demonstran Di Kairo ( Foto : submitlist.info by Google )  
Dalam sebuah pernyataan Via Reuters, Senin kemarin tanggal 31/1/2011 Milter Mesir mengatakan mereka menyadari tuntutan yang sah dari Rakyat dan berjanji tidak akan melakukan kekerasan kepada masyarakt yang melakukan unjuk rasa.

Hari ini Selasa tanggal 1/2/2011, ribuan orang berkumpul di Tahrir Square jauh lebih besar dari hari sebelumnya, walau mereka menyadari bahwa mungkin saja akan timbul kekerasan disebabkan mereka mendengar selentingan bahwa pendukung Mubarak juga kan melakukan demo tandingan. Namun apapun itu mereka sudah bertekad Mubarak harus mundur dari Jabatannya atau di paksa mundur.
Jumlah para demonstran semakin membeludak memenuhi Tahrir Square hingga ke alun-alun, untuk menertibkan demo anti Mubarak ini Tentara telah membentuk  rantai manusia di sekeliling pengunjuk rasa dan memeriksa orang-orang yang memasuki area para Demonstran kalau-kalau mereka membawa senjata. Tank-Tank telah berjejer di sekitar Alun di mana pendemo melakukan aksinya.

Menyaksikan kondisi terakhir di Kairo Mesir dan daerah sekitarnya berdasarkan laporan Aljazirah hari ini ,di perkirakan hampir separuh  masyarakat yang tinggal di Kairo dan sekitarnya turun ke jalan menyerukan agar Hosni Mubarak turun dari jabatannya,  tua,muda,kaya,miskin,islam, kristen, mereka semua menuju ke Tahrir Square, untuk melakukan konsolidasi menggalang persatuan pawai sejuta orang .

1296560404732492748
foto : kompas.com demo di Kairo

Diperkirakan hanya  para pendukung Mubarak yang tidak hadir dalam aksi demo ini, karena mereka tentu sibuk menyelamtkan diri dan hartanya ketempat-tempat yang aman seperti Sharm Al-Syaikh, dan sebagian lagi tinggal di rumah-rumah mereka untuk menjaga kediamannya dari penjarah.
Tentara Mesir telah berjanji dan menyatakan kebebasan berekspresi untuk semua warga negara dengan menggunakan cara damai, tanpa kekerasan.  Tentara telah menyerukan untuk Warga Mesir, Angkatan bersenjata mengakui hak-hak Rakyat Mesir, mereka tidak akan menggunakan kekuatan untuk orang-orang Mesir.

Pernyataan itu adalah pernyataan Pertama  yang secara eksplisit dari Angkatan  Bersenjata Mesir sejak demonstrasi berkobar, mereka mengatakan bahwa tentara tidak akan agresip menghadapi para Demonstran.Kehadiran Tentara di jalan-jalan adalah untuk kepentingan para pendemo, untuk memastikan keselematan mereka, tentara tidak akan melakukan tindakan represif terhadap keluarga mereka sendiri yang mereka hormati.

1296558159653189533
angkatan bersenjata Mesir ( foto By Google )

Angkatan bersenjata Anda, yang menyadari legitimasi tuntutan Anda dan tertarik untuk memikul tanggung jawab mereka dalam melindungi bangsa dan warga negara, menegaskan bahwa kebebasan berekspresi melalui cara damai dijamin untuk semua orang.”  Kata juru bicara Militer.
Ia mendesak masyarakat untuk tidak bertindak agresip  untuk melakukan  sabotase yang melanggar keamanan dan menghancurkan properti publik dan swasta.Tentara memperingatkan bahwa mereka tidak akan membiarkan penjahat untuk merampas, menyerang dan meneror Masyarakat Mesir.

12965583261466845830
Demo di Mesir Lautan Manusia ( Foto : dw-world.de )

Upaya Mubarak untuk meredakan para Demonstan yang telah berlangsung hampir di Seluruh Negeri dengan merombak kabinetnya dan melantik Wakil Presiden beberapa waktu belum bisa meredakan Rakyat Mesir, bahkan  Demonstran semakin bertambah, dan kalau hari ini acara Long March sejuta orang belum dapat terlaksana akan dilanjutkan pada Hari Jumat mendatang, kecuali Mubarak Mundur dari Jabatannya.

Para pihak oposisi telah menyerukan Mubarak untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada wakil Presiden yang baru diangkat,  wakil presiden Omar Suleiman,  dan mereka siap untuk bernegosiasi dengan Pemerintah.

Itu berarti kejatuhan Mubrak sudah di Ujung tanduk, tinggal menghitung jam, paling tinggi tinggal menghitung hari kalau benar Janji Angktan Bersenjata sudah memihak kepada Masyarakat Mesir yang Anti Mubarak, kita lihat saja beberapa hari ini**

Diposting di Kompasiana oleh : Muhammad Nur pada tanggal 1 Pebruari 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar